Nastar Hijau Semanis Apel

Nastar Hijau Semanis Apel

Nastar Apel -Victoria Angelina-Harian Disway-

LEBARAN memang sudah berlalu, Namun, pesona kue kering tak mengenal musim. Terutama nastar, yang banyak penggemarnya. Kue berbentuk bola-bola mungil berisi selai ini bisa dinikmati kapan saja. Juga pantas dikemas untuk hantaran berbagai acara.

 

Lazimnya, nastar berwarna kuning. Berisi selai nanas yang legit. Kadang, ada yang diberi parutan keju di atasnya. Berbeda dengan kue nastar ala Sha Sha Irene Chikita (28).  Perempuan yang berasal dari Jakarta itu memilih membuat kue nastar dengan warna dan rasa seperti apel hijau. Khas Malang.

 

’’Awalnya bikin nastar apel ini enggak sengaja juga. Itu gara-gara ibu saya membeli apel hijau dalam jumlah banyak banget. Tapi anak-anaknya tidak ada yang suka makan apel hijau,’’ kenang Sha Sha.

 

Daripada mubazir, perempuan yang bekerja di digital agency itu lantas berinisiatif untuk membuat selai dari apel hijau. Lalu dimasukkan ke dalam adonan nastar. Jadilah nastar apel yang berwarna hijau.

 

Soal teknik, dia menyebut bahwa cara pembuatan nastar apel tidak jauh berbeda dengan nastar nanas atau keju pada umumnya. ’’Hanya saja perbedaannya, nastar ini dibentuk persis seperti apel hijau. Jadi, paling cuma nambah hiasan daun teh kering aja untuk tangkainya.  Sehingga bisa mirip apel hijau beneran,’’ jelas dia.

 

Menurut Sha Sha, dia sebetulnya ingin menggunakan cengkeh sebagai hiasan. Namun karena cengkeh cepat ludes, maka dia menggantikannya dengan daun teh kering.

 

Sha Sha cukup sering membuat kue kering. Namun tidak untuk dijual. Hanya untuk konsumsi pribadi. Dia baru menjual kue-kue kering tersebut, hanya jika ada kelebihan toples. Atau memang saat dirinya sedang ingin menjual. Misalnya, kalau tiba-tiba ada teman yang memesan. Harga yang dipatok untuk satu toplesnya adalah Rp 75 ribu.

 

Nah, nastar apel bisa menjadi variasi kue yang akan disajikan atau dibuat hampers. Tak hanya untuk lebaran. Tapi cocok juga untuk hantaran Natal, perayaan ulang tahun, anniversary pernikahan, dan sebagainya.

 

Tak hanya bisa dinikmati sendiri atau dijadikan hampers, nastar apel juga bisa menjadi ide bisnis. Kelebihannya, kue ini unik. Berbeda dengan nastar yang banyak tersedia di pasaran. Sisi minusnya, apel lebih mahal daripada nanas. Sehingga kalau untuk dijual, kita membutuhkan modal yang lebih besar. (Retna Christa-Victoria Angelina)   

 

 

Resep Kue Nastar Selai Apel

 

 

 

Bahan-Bahan

 

 

 

Adonan Kue:  

 

350 gram tepung terigu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: