Cheng Yu Pilihan Presdir PT Kabelindo Murni Tbk Elly Soepono: Ma Dao Cheng Gong

Cheng Yu Pilihan Presdir PT Kabelindo Murni Tbk Elly Soepono: Ma Dao Cheng Gong

Cheng Yu Elly Soepono--

Elly Soepono (Lin Aili - 林愛莉) gigih sekali. Sejak usia 13 tahun sudah bekerja.

"Bukan karena saya hebat. Tapi karena Tuhan mengirim mama tercinta (Ratnawaty/Wang Musong -王木宋). Untuk membantu saya meyakinkan empek," terang Elly. 

Empek adalah kata sapaan untuk kakak laki-laki ayah dalam dialek Hokkian. Nama mandarin ayahnyi Erwin S. Raharjo/Lin Xinguang (林心光). 

"Empek saya selalu bilang anak perempuan sebaiknya di dapur saja. Untungnya, setelah diyakinkan mama, akhirnya saya dibolehkan bekerja membantu empek," lanjut Elly.

Elly menikah muda. Di umurnyi yang masih 15 tahun. Dari pernikahan ini, Elly dikaruniai tiga putra yang sama-sama luar biasa: Tirta, Bayu, dan Surya. 

"Apakah saya hebat? Tidak! Lagi-lagi karena Tuhan mengirim suami terkasih serta dukungan dari keluarga suami dan juga keluarga saya dalam membina dan membangun rumah tangga," tegas Elly.

 Karier Elly terus melejit. Pada 1969, Elly bersama suaminyi mendirikan PT SiBalec. Bergerak di bidang pabrik lampu, pabrik kaca, hingga distributor Supreme Cable. 

Lalu, pada 1990, Elly memimpin PT Mesindo Agung Nusantara dan selanjutnya PT Setia Sapta pada 1992.

 Dua tahun berselang, 1994, jabatan Elly naik lagi, menggantikan posisi papanyi: menjadi presiden direktur di PT Supreme Cable Manufacturing & Commerce Tbk. Papanyi lantas menjabat presiden komisaris di situ. 

Elly mengaku mendapat banyak pelajaran dari papanyi yang sangat tekun, rajin, sabar, dan dapat dipercaya karena selalu memegang komitmen. 

Berkat meneladani papanyi, Elly pada 2004 diangkat menjadi presiden direktur PT Kabelindo Murni Tbk.

 Total, hingga 2022, Elly telah bekerja selama 55 tahun.

"Dari awal bekerja, saya senantiasa percaya diri dan optimis pasti berhasil. Sebab, saya shio kuda. Ada pepatah Mandarin yang bunyinya, '马到成功' (mǎ dào chéng gōng). Yang artinya: Kuda datang semua sukses," kata Elly, lantas tertawa.

Tentu itu terjemahan letterlijk. Makna sebenarnya: sukses dengan cepat. Atau, bisa juga diartikan: menjadi penyebab suksesnya sesuatu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: