Jalan-Jalan ’’Angon’’ Ikan

Jalan-Jalan ’’Angon’’ Ikan

JERRY HUANG berjalan-jalan dengan ikan-ikannya pada wadah yang didesain khusus di Taichung, Taiwan.-Sam Yeh-AFP-

TAICHUNG, DISWAY.ID - Lazimnya orang punya binatang peliharaan, mereka akan kerap mengajaknya berjalan-jalan. Sekadar menikmati hawa segar. Atau melatih otot-otot hewan itu agar tidak melulu terkurung dalam kandang. Tetapi, bagaimana jika binatang itu adalah ikan? Bagaimana cara angon alias menggembalakan ikan?

Nah, Jerry Huang, warga Taichung, Taiwan, punya solusinya. Ia membangun sebuah akuarium portabel. Itulah tempat memelihara ikan yang bisa dibawa berjalan-jalan. Tempat itu ditempatkan pada sebuah kereta dorong beroda.

’’Banyak orang berjalan-jalan dengan anjing atau kucing. Juga burung, ular, dan kadal. Lalu, bagaimana nasib binatang air yang juga ingin menikmati udara daratan?’’ kata Huang, 31, seperti dikutip Agence France-Presse.

Kereta dorong buatan Huang menjadi jawabannya. Bentuknya adalah tangki silinder berbahan akrilik. Komplet dengan unit penyaringan dan pompa oksigen bertenaga baterai. Biaya pembuatannya diperkirakan mencapai USD 300-400 (sekitar Rp 4,3 juta-5,8 juta).

’’Saya melakukan riset tentang ikan,’’ ucap Huang. Baginya, membawa ikan berpetualang ke daratan adalah sebuah petualangan bagi hewan-hewan tersebut. ’’Manusia saja punya jiwa petualangan. Karena itu, kita mengirim orang ke luar angkasa,’’ katanya.

’’Jika saya adalah ikan mas, saya pun akan sangat girang jika ada orang membawa saya berpetualang ke dunia lain,’’ ujar Huang.

Nah, si ikan mungkin akan sangat girang jika dibawa ke luar angkasa. Asal tidak diajak ke penggorengan… (Doan Widhiandono)


GADIS KECIL mengamati dua ikan milik Jerry Huang di dalam akuarium yang ditempatkan pada wadah khusus.-Sam Yeh-AFP-

 

Sumber: