Pertama Kali di Dunia, Golongan Darah P Ditemukan di Tiongkok

Pertama Kali di Dunia, Golongan Darah P Ditemukan di Tiongkok

Pertama kali di dunia, golongan darah P ditemukan di China yang ternyata merupakan golongan darah langka.--Ilustrasi sample darah

HARIAN DISWAY - Penemuan mengejutkan datang dari Rumah Sakit di Tiongkok yang menemukan urutan genetik baru untuk golongan darah P.

Ini merupakan golongan darah langka yang jumlahnya lebih rendah dari satu dalam satu juta orang. 

Penemuan ini muncul di tahun lalu, dimana rumah sakit Taixing People’s Hospital yang ada di Taizhou, Provinsi Jiangsu, Tiongkok sedang menjalani pemeriksaan rutin.

Cao Guoping, spesialis transfusi darah di rumah sakit tersebut menjadi dokter yang menemukan hal langka tersebut. 

Cao menyampaikan bahwa golongan darah P seringkali terlewatkan karena tidak dapat diambil oleh reagen yang ada untuk golongan darah ABO dan Rh yang paling umum di dunia.

Oleh karena itu, pemilik golongan darah P hanya bisa menerima transfusi dari jenis yang sama. Hal tersebut berlaku terutama pada seseorang yang sedang hamil.

BACA JUGA:Memperingati Hari Amal Bakti Kemenag RI, Inilah Jejak Dokter dalam Sejarah Berdirinya Kemenag RI

BACA JUGA:Ingin Tidur berkualitas? Begini pengaruh Posisi Tidur terhadap Kesehatan

“Dalam kasus perempuan dengan golongan darah P, keberadaan antibodi ‘anti-Tja’ yang menyerang plasenta secara langsung dapat menyebabkan keguguran berulang atau bahkan bayi lahir mati,” jelas Cao pada South China Morning Post, Senin, 8 Januari 2024.

Desember lalu, Pusat Informasi Bioteknologi Nasional AS menyebutkan bahwa nukleotida yang ada pada sampel belum pernah terdeteksi dimana pun, di seluruh dunia.

Namun, golongan darah P sudah pernah ditemukan di tahun 1927 dan dapat dikategorikan ke dalam 5 subtipe yang bergantung pada antigen di permukaan sel darah merah. Ada P1, P2 yang paling sering ditemukan dan P1k, P2k, dan P. (Jessica Laurent)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: