Panjang Umur Ratu Elizabeth II…!

Panjang Umur Ratu Elizabeth II…!

RATU ELIZABETH II dan Pangeran Charles melambai kepada khalayak dari balkon Istana Buckingham saat peringatan 70 tahun bertakhta, Kamis, 2 Juni 2022.-Daniel Leal-AFP-

LONDON, HARIAN DISWAY - Rekor yang diukir Ratu Elizabeth II ini menjadi alasan warga London untuk berpesta, Kamis, 2 Juni 2022. Ribuan orang turun ke jalan. Menyemut di taman kota. Terutama di depan Istana Buckingham.

Rekor itu adalah masa bertakhta yang sangat lama: 70 tahun. Tahun platinum. Lebih lama daripada Ratu Victoria yang memerintah ’’hanya’’ 63 tahun.

Rekor yang dicapai oleh ratu berumur 96 tahun itu tidak pernah dicapai oleh siapa pun di takhta Inggris. Prestasi itu memang sempat diragukan sebagian orang. Terutama karena kondisi kesehatan Elizabeth sempat tak menentu tahun lalu.

Tak pelak, rakyat pun berpesta. Terutama mereka yang memang sangat mendukung monarki. Mereka menyambut ratu yang terlihat cukup sehat untuk orang yang berusia nyaris seabad.

Pada pesta kemarin, Ratu berpakaian powder blue. Biru langit. Wajahnya cerah. Meski harus berjalan dengan tongkat. Dia juga terlihat bersemangat saat memberi hormat kepada para prajurit berbagai resimen yang melaksanakan Trooping the Colour, parade militer yang dibentuk seabad silam.

Areal di sekitar Istana Buckingham pun menjadi warna-warni. Merah, putih, dan biru. Warna yang sangat lekat dengan bendera Inggris Raya. Sangat megah. Begitu spesial…

’’Memang, ini momen spesial. Sebab, rasanya ini adalah momen terakhir kita bisa melihat Sang Ratu di acara publik,’’ kata Gilbert Falconer, seorang pengemudi ambulans. Lelaki 65 tahun itu bahkan harus mengemudi dari Skotlandia untuk melihat acara itu.

PARA PENERUS MONARKI, dari kiri Pangeran George, Pangeran Louis, dan Putri Charlotte didampingi ibu mereka, Duchess of Cambridge, Kate Middleton.-Daniel Leal-AFP-

Elizabeth baru berusia 25 tahun saat dia menggantikan Raja George VI, ayahnya, yang mangkat pada 1952. Karena umur Elizabeth yang begitu panjang, inilah kali pertama Inggris punya pesta perayaan Tahun Platinum. Dan rasanya, tidak akan ada lagi kemeriahan serupa.

Pada Rabu, 1 Juni 2022, Elizabeth mengungkapkan kegembiraannya. ’’Aku harap, hari-hari mendatang menjadi cerminan dari apa yang sudah kita lakukan dalam 70 terakhir ini. Kita harus memandang masa depan dengan kepercayaan diri dan antusiasme,’’ kata Elizabeth.

Berikut ini adalah kemeriahan pesta di London, ibu kota Inggris tersebut...

(Doan Widhiandono)

MERASA BISING, Pangeran Louis menutup telinganya saat pesawat angkatan udara Inggris melintas dalam parade militer.-Daniel Leal-AFP-


MASSA YANG MENYEMUT di The Mall, jalan yang terletak di depan Istana Buckingham, London, Kamis, 2 Juni 2022.-Daniel Leal-AFP-


TEMBAKAN MERIAM yang dilakukan oleh The 124 Gun Salute di Tower of London kemarin.-Glyn Kirk-AFP-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: