Maggie Smith, Aktris Legendaris Pemeran Professor McGonagall dalam Harry Potter, Meninggal Dunia

Maggie Smith, Aktris Legendaris Pemeran Professor McGonagall dalam Harry Potter, Meninggal Dunia

Maggie Smith, yang terkenal berkat perannya sebagai Professor McGonagall meninggal dunia pada Jumat, 27 September 2024, dalam usia 89 tahun.-Harry Potter Fandom-harrypotter.fandom.com

HARIAN DISWAY – Dunia seni peran kembali berduka. Aktris legendaris asal Inggris, Maggie Smith, meninggal dunia pada usia 89 tahun. Berita duka itu dikonfirmasi oleh perwakilan keluarganya, Jumat, 27 September 2024.

Kantor berita Agence France-Presse mengutip pernyataan resmi dua putranya. ’’Dengan penuh rasa duka, kami mengumumkan wafatnya Dame Maggie Smith. Dia meninggal dengan tenang di rumah sakit, Jumat, 27 September 2024,’’ bunyi pernyataan resmi Chris Larkin dan Toby Stephens, anak-anak Smith.

Maggie, dikenal luas lewat perannya sebagai Professor McGonagall dalam saga Harry Potter. Tetapi, dia juga mewarnai berbagai film dan teater Inggris. Meninggalkan warisan legendaris di dunia hiburan.

BACA JUGA:Wieteke van Dort Meninggal Dunia: Penyanyi Geef Mij Maar Nasi Goreng, Artis Belanda Kelahiran RKZ Surabaya


Maggie Smith berperan sebagai Janda dari Countess Grantham dalam Downton Abbey.-Nick Briggs/PBS-cnbcnews.com

Selama lebih dari tujuh dekade, aktris kelahiran 28 Desember 1934 itu, menjadi ikon dalam dunia seni peran. Dia disetarakan dengan Judy Drench sebagai aktris paling berpengaruh dalam dunia teater Inggris.

Maggie Smith memulai karier teaternya pada tahun 1950-an. Sejak awal, bakatnya yang luar biasa dalam berakting membuatnya dengan cepat mendapatkan pengakuan sebagai salah satu aktris teater terbaik di Inggris.

Pada 1969, ia memenangkan Academy Award pertamanya untuk peran utama dalam film The Prime of Miss Jean Brodie. Tetapi, pada 1965, Smith sudah menyabet Academy Award sebagai pemeran pembantu dalam Othello. Prestasi itu menjadikannya salah satu aktris paling dihormati di Hollywood dan Inggris.

BACA JUGA:Istri Anggi Pratama Influencer Indonesia Stevie Agnecya Meninggal Dunia

Namun, bagi generasi muda, nama Maggie Smith dikenal melalui perannya sebagai Professor Minerva McGonagall dalam franchise film Harry Potter. Dia memerankan sosok guru sihir yang bijaksana, tegas, namun penuh kasih.

Peran itu tidak hanya membuatnya semakin dicintai oleh penggemar film di seluruh dunia, tetapi juga memperkuat reputasinya sebagai aktris yang mampu membawakan karakter dengan emosi mendalam.

Selain film Harry Potter, Smith juga dikenal melalui perannya sebagai Violet Crawley dalam serial televisi populer Downton Abbey. Penampilannya yang memukau dalam serial itu mendapatkan berbagai penghargaan, termasuk Primetime Emmy Awards dan Golden Globe Awards.

BACA JUGA:Aktor Senior dan Pelatih Akting Yayu Unru Meninggal Dunia di Usia 61 Tahun


Aktor senior Maggie Smith meninggal dunia dalam usia 89 tahun pada 27 September 2024.-Cinema Blend-cinemablend.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: