Wi Ha-joon Berandai-andai Ikut Squid Game, Kalau Menang Duitnya Buat Apa?

Wi Ha-joon Berandai-andai Ikut Squid Game, Kalau Menang Duitnya Buat Apa?

WI HA-JOON menjadi salah seorang aktor yang popularitasnya terkerek tinggi berkat Squid Game. Ia memerankan Hwang Jun-ho, detektif polisi yang masuk ke arena permainan di pulau terpencil untuk mencari kakaknya. Berkat karaternya yang kuat—plus ketampanannya—jutaan audiens jatuh cinta pada Wi Ha-joon.

Fans beruntung, sutradara Squid Game Hwang Dong-hyuk memutuskan untuk memasukkan karakter Jun-ho ke dalam serial besutannya. Saat kali pertama menulis skenario, satu-satunya tokoh yang benar-benar putih tersebut tidak ada. 

’’Awalnya aku menulis Squid Game sebagai film. Tentu saja karakternya tidak terlalu banyak. Durasi dua jam bahkan tidak cukup untuk memasukkan seluruh permainan,’’ ungkap Hwang Dong-hyuk dalam wawacara yang dirilis Netflix Korea. ’’Tapi ketika formatnya diubah menjadi serial, kami bisa menambahkan subplot dalam cerita,’’ lanjutnya.

Setelah karakternya tercipta, Dong-hyuk menyadari betapa penting keberadaannya. Lewat matanya yang manusiawi, Jun-ho memperlihatkan kepada kita dunia di balik topeng-topeng pink para penjaga. Serta sosok-sosok yang mengontrol mereka. ’’Jun-ho adalah karakter yang melihat esensi game itu secara keseluruhan,’’ kata Hwang Dong-hyuk.

Bagaimana persepsi Wi Ha-joon sendiri soal Squid Game? Apa yang sulit dari syutingnya? Seandainya ia ikut bermain, apakah ia akan menang? Berikut penjelasan Ha-joon, disarikan dari wawancaranya dengan Netflix Korea, Naver, dan Spotify News. (Retna Christa)

Apa pendapatmu tentang karakter Hwang Jun-ho?

Ketika aku kali pertama membaca skenario, menurutku ia adalah karakter yang sangat menawan. Meskipun screen time-nya tidak sebanyak para peserta. Ia punya motif dan cerita sendiri. Ia juga punya tugas memperkenalkan berbagai hal kepada penonton. Apa yang ada di balik permainan, yang tidak diketahui peserta, ditampilkan lewat mata Jun-ho.

Jun-ho harus berjuang mencari kakaknya. Tapi sebagai polisi yang mencium ketidakberesan, ia juga harus merekam semua yang terjadi di pulau itu. Saat berakting, aku bekerja keras menjaga tensi dari kedua motif tersebut. Jun-ho adalah orang yang sangat jujur dan berdeterminasi, dan ia adalah satu-satunya karakter dengan rasa keadilan paling tinggi.

Apakah saat audisi kamu berpikir Squid Game akan sepopuler ini?    

Tidak. Aku pergi ikut audisi dengan rasa tamak. Aku berpikir, aku harus mendapatkan proyek ini. Murni karena aktor-aktornya hebat. Dan sutradaranya brilian. Itu saja yang ada di benakku.

Apa tantangan terberatmu selama syuting?

Tidak seperti aktor peserta game yang selalu syuting bersama-sama, adegan-adeganku selalu diambil sendirian. Aku merasakan tekanan besar, karena harus menanggung setiap scene itu sendirian. Dan aku kesepian. Untungnya, sutradara dan para staf memanduku dengan sangat sabar. Sehingga adegan-adegan itu tereksekusi dengan baik.

PUNYA MISI dan cerita sendiri, Wi Ha-joon harus sering menjalani syuting sendirian. (Foto: Netflix)

 

Sumber: