Bersedekah, Baim Wong Di-Bully

Bersedekah, Baim Wong Di-Bully

Bersedekah itu baik. Walaupun si pemberi sampai dikejar-kejar calon penerima, dan viral, dialami aktor Baim Wong. Ia pun dihujat warganet gegara marah kepada calon penerima, si pria tua bernama Suhud.

Harian Disway - PERISTIWA  itu intinya: Baim terkenal dermawan. Bahkan, memberikan ratusan nasi bungkus kepada sopir ojek online, viral di Youtube. Tapi, saat dimintai duit oleh Suhud, Baim marah. Viral juga. Warganet pun kesal, menyalahkan Baim.

Dari peristiwa itu, masyarakat bisa mengambil kesimpulan, beragam. Bergantung tingkat pendidikan orang yang menyimpulkan. Inti kesimpulan ada dua:

Menyalahkan Baim: "Kalau jadi dermawan, jangan setengah-setengah. Buktinya, dimintai duit oleh bapak tua, Baim justru marah."

Atau, berpihak ke Baim: "Kasihan Baim, di-bully warganet. Padahal, ia dermawan. Yang salah Suhud, memanfaatkan kedermawanan Baim dengan cara kasar."

Kronologi kejadian dari dua pihak. Versi Baim dan versi Suhud (dipanggil Kakek Suhud), begini:

Versi Baim. Diceritakan Baim kepada pers, Senin (11/10): "Saya ceritakan dari versi saya, ya."

Baim: "Kejadiannya itu di lampu merah. Kiano (anak Baim) mau diajak jalan-jalan. Biasa, ia seringnya mau naik ngeng... ngeng.... Itu bahasanya Kiano kalau mau naik mobil atau motor. Saya jarang ada waktu. Waktu itu kebetulan ada waktu, karena memang saya kosongkan beberapa hari buat lahiran putra saya (yang kedua)."

Dilanjut: "Saya (naik motor bersama Kiano) baru saja keluar dari rumah sakit. Dari kejauhan ada bapak-bapak, teriak-teriak, manggil nama saya. Ia naik motor juga. Bapak-bapak itu pun dengan sengaja mepetin motor saya dan malah minta uang."

Baim menirukan ucapan bapak itu (bernama Suhud): ”Baim, minta uang, dong. Minta uang... Ia lakuin itu di atas motor yang lagi berjalan. Bukan berhenti.”

Kejadian tersebut tidak bisa direkam video karena Baim sedang nyetir motor, memboncengkan Kiano.

Baim lanjut: ”Terlihat sangat-sangat tidak sopan cara mintanya. Itu saja, sebenarnya saya sudah mau marah, karena ia minta uang di tengah jalanan di saat motor lagi jalan dan saya lagi sama Kiano. Kalau terjadi apa-apa, siapa yang mau disalahkan? Itu sangat di luar batas dan bahaya.”

Dilanjut: ”Saya bilang, ’Nggak Pak. Jangan kayak gini caranya.’ Dan itu saya utarakan dengan sopan cara bilangnya. Tidak dengan marah-marah. Setelah itu, saya pun terus jalan. Ternyata nggak hanya itu... Ia ternyata ngikutin saya dari belakang pakai motornya. Di saat jalan pun ia teriak-teriak, ’Baim minta uang, minta uang.’

Lanjut: ”Ya ampun... Ia ternyata ngikutin saya terus, sampai ke rumah. Dan itu sangat-sangat tidak sopan menurut saya.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: