Bali United Pimpin Klasemen Liga 1, Nasibnya Ditentukan Empat Tim Jatim

Bali United Pimpin Klasemen Liga 1, Nasibnya Ditentukan Empat Tim Jatim

BALI UNITED menutup seri 4 yang digelar di Pulau Dewata dengan menguasai puncak klasemen. Tim berjuluk Serdadu Tridadu itu mengemas poin sempurna saat menghadapi Persela Lamongan di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Selasa (1/3) sore. Bali United menutup laga dengan skor 2-1.

Hebatnya, Bali United sebenarnya tertinggal lebih dulu oleh gol Pemain Persela, Rahel Radiansyah, pada menit ke-39. Namun, Bali United sukses coma back dengan diawali gol yang dicetak M. Rahmat pada menit ke-64. Lalu, Eber Bessa memastikan kemenangan Bali United pada menit ke-81.

Bali United mengemas 60 poin dari 28 pertandingan yang dijalani. Sedangkan Persela masih terpaku di zona degradasi. Tepatnya di peringkat ke-17 dengan raihan 20 poin.

Kekalahan itu sekaligus membuat peluang Persela bertahan di Liga 1 musim depan menipis. Belum tertutup memang. Namun, setidaknya mereka butuh tambahan sekitar 20 poin untuk bertahan. Dan, itu harus bisa didapat dari enam laga sisa di seri 5. Salah satunya hasil dari melawan Bhayangkara FC (20/3), yang juga tengah berburu kemenangan untuk menyegel juara.

Sementara itu, kemenangan yang dibukukan Bali United kemarin sekaligus membuat perburuan gelar juara musim ini masih menarik. Selain Bali United, empat tim masih berpeluang membawa pulang trofi juara. Yakni, Arema FC, Persib Bandung, Bhayangkara FC, dan Persebaya Surabaya. 

Raihan poin lima tim itu tipis. Oleh karena itu, enam laga yang tersedia di seri 5 akan menjadi penentu. Bahkan, perebutan gelar juara ditentukan hingga partai terakhir.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah menyiapkan hal tersebut. Oleh sebab itu, LIB masih menyimpan jadwal di pekan terakhir atau matchday ke-34. Partai pemungkas kompetisi musim ini akan digelar bersamaan. Terutama untuk penentuan tim juara dan mereka yang bakal terdegradasi.

”Ada kemungkinan beberapa pertandingan di pekan ke-34 digelar bersamaan. Terutama pada laga penentu juara dan degradasi,” terang Manajer Kompetisi LIB Asep Saputra. 

Menariknya, langkah Bali United untuk menyegel gelar juara masih akan ditentukan empat tim Jatim. Yakni, Arema FC, Madura United, Persebaya, dan Persik Kediri. Keempat tim tersebut bakal menjadi calon lawan di seri  5. Duel kontra Arema dan Persebaya diyakini bakal menjadi penentu peluang dalam perburuan gelar. (Gunawan Sutanto)

Sumber: