Doa untuk Aspal Mandalika

Doa untuk Aspal Mandalika

Dorna selaku promotor MotoGP memberikan ultimatum. Permasalahan aspal Sirkuit Mandalika harus clear paling lambat sepekan sebelum race weekend. Artinya, pekan kedua Maret harus tuntas. Kalau tidak selesai, MotoGP di Indonesia tahun ini akan dibatalkan.

Indonesia akan malu kalau sampai MotoGP dibatalkan. Semua sumber daya pun dikerahkan. Marsekal (purn) Hadi Tjahjanto yang baru saja purna sebagai panglima TNI ditugaskan untuk menjadi komandan lapangan. Ia ditugaskan untuk memastikan tidak ada sedikit pun gangguan pada persiapan MotoGP. Terutama pengaspalan ulang.

Roadgrip Motorsport, pihak ketiga yang dipercaya sebagai operator sirkuit, harus kerja siang malam. Itu adalah perusahaan asal Inggris yang punya portofolio hebat dalam operasional sirkuit. Mengelola dan dipercaya melakukan perbaikan sejumlah sirkuit kenamaan di dunia.

Simon Gardini, general manager Roadgrip Motorsport, mengungkapkan bahwa betapa besar dukungan pemerintah Indonesia dalam menuntaskan pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika. Kepada situs resmi MotoGP, ia mengisahkan bagaimana polisi dikerahkan untuk mengawal langsung mobilisasi alat-alat berat dari Bandara Halim menuju Lombok.

Bukan hanya peralatan, personel dari R3, perusahaan yang dipercaya dalam pengaspalan ulang Bandara Halim, turut dimobilisasi ke Lombok. Mereka bahu-membahu dengan personel dari Roadgrip Motorsport, juga PP –anak usaha BUMN yang menjadi kontraktor pembangunan Sirkuit Mandalika.

”Jujur, kami sangat puas dengan apa yang kami capai. Melakukan pengaspalan ulang dalam waktu yang begitu pendek,” ujar Simon.


Menteri BUMN Erick Thohir (tangah) saat mengecek aspal lintasan.

FIM (federasi balap motor dunia) dan Dorna, lanjut Simon, telah melakukan sejumlah tes untuk memastikan pengaspalan ulang sesuai standar. Mulai tes fisik, tes laboratorium, hingga inspeksi di titik-titik yang ditentukan.

Namun, semua itu tidak menghilangkan kekhawatiran Simon. Seharusnya, pengaspalan sirkuit membutuhkan waktu tiga sampai empat bulan. Di Mandalika hanya dilakukan dua pekan!

Akibatnya, ada sejumlah prosedur yang dipercepat. Idealnya, ada jeda antara pemasangan satu lapisan dan lapisan lain. Tujuannya, lapisan lebih bawah sudah dingin dan stabil. Namun, jeda itu tidak bisa dipenuhi untuk mengejar waktu yang mepet.

”Untuk mengurangi efek negatif lapisan yang belum dingin itu, kami melakukan pengaspalan malam hari,” ungkap Simon.

Jadi, ada risiko aspal akan kembali mengelupas? Ya!

Aspal baru sepanjang 1,6 km yang ada di empat tikungan tersebut sama sekali belum dijajal untuk dilibas motor dalam kecepatan tinggi.

Sesi latihan perdana hari ini akan menjadi ujian perdana aspal Sirkuit Mandalika. Dimulai pukul 07.50 WIB untuk kelas Moto3. Pukul 08.50 untuk kelas Moto2. Pukul 09.50 kelas MotoGP. Lepas tengah hari akan dilakukan uji coba untuk kelas yang sama dengan durasi yang sama pula.

Besok akan dilakukan sesi latihan ketiga dan kualifikasi. Lalu, puncaknya lomba pada Minggu lusa. Beban aspal Sirkuit Mandalika akhir pekan ini tentu saja jauh lebih besar daripada saat uji coba bulan lalu.

Kalau ada masalah aspal saat latihan dan kualifikasi, risikonya balapan akan dibatalkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: