Mau Operasi Bedah Plastik, Wajib Konsultasi Dokter Dulu

 Mau Operasi Bedah Plastik, Wajib Konsultasi Dokter Dulu

KONSULTASI: Elena melakukan skin analysis di booth NMW Clinic di Beauty Fest 2022, Pakuwon Mall. -Julian Romadhon-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Dari tahun ke tahun, prosedur bedah plastik cenderung diminati di Indonesia. Meskipun tujuannya estetik, tetap tidak boleh melupakan tujuan utamanya yakni sehat. Karena itu sebelum melakukan bedah plastik, wajib melakukan konsultasi terlebih dahulu. 

Hal itu diungkapkan oleh dr. Bambang Wicaksono dan Theodorus Daniel dalam talkshow tentang bedah plastik oleh NMW Clinic pada Sabtu, 4 Juni 2022 di Grand Atrium Pakuwon Mall. Head Business Development NMW Clinic Theodorus Daniel menekankan pentingnya konsultasi sebelum tindakan. ’’Karena kita perlu menyesuaikan dari kacamata dokter. Walau bagaimanapun dokter punya pertimbangan khusus setelah melakukan sesi konsultasi,” ucap Theodorus. 

Dia bilang seringkali ada pasien yang ingin melakukan prosedur bedah plastik sesegera mungkin. Padahal dokter harus memastikan kondisi kesehatan pasien terlebih dahulu. Tujuan bedah plastik adalah membuat penampilan seseorang menjadi lebih baik. Tetapi, bukan berarti faktor sehatnya dikesampingkan. 

’’Pertama sehat dulu, kedua baru cantik. Jangan dibalik, karena kalau berpikir cantik dulu baru sehat, itu pola pikir yang kurang pas,” ucap dr. Bambang Wicaksono SpBP-RE, spesialis dokter bedah plastik estetik. ’’Kalau setelah operasi ada gangguan kesehatan dan dampaknya tidak bagus, kami akan bantu,’’ tambahnya. 


Head Business Development NMW Clinic Theodorus Daniel (kiri) dan Consultant Advanced Aesthetic Surgery dr. Bambang Wicaksono menjadi pembicara dalam talkshow di Grand Pakuwon Mall.--

Secara prinsip, bedah plastik meliputi dua kategori yakni wajah dan bentuk tubuh. Menurut penjelasan dr. Bambang, bagian wajah yang seringkali dikoreksi antara lain hidung, mata, dagu, bibir, dan tulang rahang. Kemudian, operasi estetik ini baru bisa dilakukan ketika usia minimum pasien adalah 17 tahun. ’’Anak-anak tidak boleh menjalani prosedur ini. Harus yang sudah memiliki legalitas hukum, punya KTP, sudah menemukan tanggung jawab sendiri, dan tidak pada masa pertumbuhan,” jelasnya.

Theodorus Daniel menambahkan untuk usia maksimal yang diperbolehkan operasi plastik, tergantung dari kondisi pasien. “Banyak usia lanjut, 50 tahun ke atas, ingin facelift karena mungkin kulitnya sudah turun. Ketentuannya sama, mereka harus sehat dulu. Kalau memang dari hasil pemeriksaan sehat, tidak ditemukan apa-apa, baru boleh operasi,” jelas dia.

Dalam talkshow tersebut mereka membagikan tip bagaimana memilih tempat pelayanan bedah plastik. Pertama, pastikan klinik sudah memiliki izin resmi. Setelah itu cari tahu informasi dokternya.  Apakah dokternya sudah terdaftar di asosiasi bedah plastik atau belum. Karena, jika dokter tidak terdaftar dalam asosiasi tersebut akan berisiko karena legalitasnya dipertanyakan. 

NMW Clinic sendiri merupakan klinik kecantikan berizin yang berdiri sejak 14 tahun lalu di kawasan Jakarta Selatan. NMW Clinic memiliki banyak cabang di luar kota termasuk Surabaya. Klinik ini memang bergerak di bidang estetik atau kecantikan. Produk-produk NMW Clinic di produksi di pabrik sendiri.(*)

 

Sumber: