Ada Adegan Sesama Jenis, Lightyear Tidak Tayang Di 14 Negara Termasuk Indonesia

Ada Adegan Sesama Jenis, Lightyear Tidak Tayang Di 14 Negara Termasuk Indonesia

Film Lightyear tidak tayang di bioskop Indonesia.-Pixar-Disney-

LONDON, HARIAN DISWAY – Yang lagi nungguin film solo Buzz Lightyear, siap-siap untuk kecewa. Lightyear tidak tayang di 14 negara di Timur Tengah dan Asia, termasuk Malaysia dan Indonesia. Tidak hanya itu, film animasi produksi Pixar ini juga tidak diputar di Tiongkok, yang menjadi market terbesar. 

Dilansir dari Reuters dan AFP Walt Disney Company tidak berhasil mendapatkan izin edar film yang memasang Chris Evans sebagai pengisi suara Buzz Lightyear ini di negara Timur Tengah dan Asia. Penyebab kuatnya adalah karena Lightyear menampilkan adegan ciuman singkat sesama jenis antara karakter space ranger bernama Alisha dengan karakter perempuan lain. Lightyear seharusnya mulai tayang pekan ini.   

Produser Lightyear mengatakan pada Reuters kalau lembaga sensor Tiongkok meminta mereka untuk memotong adegan tersebut tapi Disney menolak. ’’Kami tidak akan melakukannya,’’ kata produser Galyn Susman ketika menghadiri premier di London. Karena menurut pihaknya, adegan itu penting dalam kisah Buzz. Sehingga, produser Susman pun menyimpulkan kalau film prekuel Toy Story ini juga tidak akan tayang di Tiongkok. Sebab hingga saat ini, pihak Tiongkok juga belum memberikan izin. 

Sikap yang sama juga dilakukan Disney untuk wilayah Timur Tengah. Mereka tidak akan memotong adegan di film itu. Itu sebabnya pihak otoritas dari Kantor Regulasi Media Uni Emirat Arab telah merilis pernyataan resmi pada Senin, 13 Juni 2022 kalau Lightyear yang dijadwalkan rilis pada 16 Juni 2022, dilarang tayang. ’’(Lightyear) tidak memiliki izin untuk pemutaran publik di semua bioskop di UEA, karena melanggar peraturan konten media di negara ini,’’ begitu bunyi pernyataan tersebut. 

Di Malaysia, jaringan bioskop terbesar di negara itu, GSC, menulis cuitan di Twitter dalam unggahan konten Lightyear yang menampilkan kuot ikonik Buzz Lightyear, to infinity…, GSC melanjutkan dengan cuitan, ''no beyond.’’

Sejauh ini baru otoritas UEA yang dengan tegas melarang penayangan Lightyear. Sementara otoritas negara lainnya seperti Lebanon, Indonesia, dan Malaysia tidak segera menanggapi permintaan komentar mengapa mereka tidak mengizinkan film itu diputar. Untuk Indonesia sendiri, situs penjualan tiket bioskop di beberapa jaringan, hingga berita ini ditulis, tidak menampilkan poster Lightyear di bagian ’’coming soon’’. Hal itu semakin memperkuat kalau film tersebut memang tidak tayang di sini. Karena jika ditayangkan, biasanya sudah mulai dibuka advance ticket sales alias penjualan tiket sebelum tanggal penayangan. (*) 

 

Sumber: reuters