MU-Liverpool Duel di Bangkok; Pramusim Wisata ala Klub-Klub Raksasa Premier League

MU-Liverpool Duel di Bangkok; Pramusim Wisata ala Klub-Klub Raksasa Premier League

Manchester United bermain buruk dan tak punya kepastian menjelang akhir musim-Manchester United-Instagram

Sebentar lagi klub-klub Inggris akan menjalani pramusim. Setelah pandemi mereda, lokasi pramusimnya sudah kembali seperti dulu. Mereka memilih pergi ke berbagai negara. Ada yang sekitar Eropa. Namun, klub kaya raya memilih pergi ke tempat yang jauh. Asia menjadi salah satu tujuan favorit. Artinya, mereka harus menempuh perjalanan ribuan mil. Nah, klub manakah yang punya rute udara paling jauh?

 

SETELAH dua tahun diganggu Covid, tidak mengejutkan klub-klub besar Liga Premier sangat ingin terbang ke seluruh dunia untuk menggelar persiapan pramusim.

Klub-klub itu harus benar-benar berhitung. Sebab, kali ini agak sedikit berbeda. Piala Dunia 2022 digeser ke bulan-bulan musim dingin.

Bagi pendukung klub besar yang berbasis di Thailand, Korea Selatan, Singapura, Australia, dan Amerika Serikat, akan ada kesempatan baru untuk melihat bintang pujaan mereka secara langsung.

Namun, Tiongkok tampaknya terlarang bagi klub-klub Liga Premier yang mungkin atau mungkin bukan reaksi terhadap pandemi Covid yang berasal dan bertahan di sana di kota-kota tuan rumah yang dulu populer seperti Shanghai.

Tidak setiap klub telah mengumumkan niat pramusim. Beberapa tampaknya puas dengan membatasi perjalanan mereka hanya di Eropa. Namun, klub-klub elite memilih latihan sambil ”wisata” sejauh-jauhnya.

Harian Disway, seperti dikutip dari Dailymail, membahas dengan saksama

berapa banyak jarak yang akan mereka tempuh musim panas ini.

 

Arsenal

Musim lalu berakhir dengan menyakitkan bagi The Gunners, julukan Arsenal. Mereka kehilangan kualifikasi Liga Champions dari rival sekotanya, Tottenham Hotspur, di pekan-pekan terakhir kompetisi.

Persiapan untuk kampanye mendatang akan membawa mereka terlebih dahulu ke Jerman. Tujuannya, klub Bundesliga Nuernberg. Perjalanan pulang pergi langsung hanya lebih dari 1.000 mil dari London.

Perjalanan yang sebenarnya dimulai dengan tur dua perhentian, tiga pertandingan di Amerika Serikat. Baltimore adalah pelabuhan panggilan pertama mereka untuk apa yang disebut sebagai The Charm City Match melawan Everton di Stadion M&T Bank berkapasitas 70.000 yang selama ini dikenal sebagai rumah waralaba NFL Baltimore Ravens.

Dari sana, Arsenal menyusuri pantai timur Amerika ke Orlando yang cerah untuk dua pertandingan di Piala Florida melawan klub MLS lokal Orlando City pada 20 Juli. Pasukan Mikel Arteta kemudian menghadapi Chelsea tiga hari kemudian di tempat yang sama.

Arsenal seharusnya berlaga di Piala Florida 12 bulan lalu, tetapi sejumlah kasus positif Covid memaksa mereka membatalkan perjalanan.

Mikel Arteta dan pasukannya kemudian terbang kembali untuk pertandingan Piala Emirates melawan Sevilla di kandang sendiri pada 30 Juli, seminggu sebelum kampanye Liga Premier dibuka.

 

Jadwal Pertandingan: 8 Juli vs Nuernberg (A), 16 Juli vs Everton (Baltimore), 20 Juli vs Orlando City (Orlando), 23 Juli vs Chelsea (Orlando), 30 Juli vs Sevilla.

 

Total perjalanan udara: 9.784 mil

==

 

Chelsea

The Blues juga menuju Amerika Serikat (AS) tahun ini dengan rencana dalam pengembangan beberapa waktu sebelum investor AS Todd Boehly mengakuisisinya.

Mereka tidak akan menuju ke Los Angeles untuk menonton Boehly’s Dodgers, tetapi akan berkeliling negara itu dengan tiga pertandingan di tiga lokasi berbeda.

Pertama, Las Vegas dan Stadion Allegiant untuk pertemuan dengan tim Meksiko terkemuka Club America pada 16 Juli. Tempat itu adalah rumah bagi Las Vegas Raiders dari NFL dan menampung sekitar 60.000 penonton untuk pertandingan sepak bola.

Kemudian, Chelsea terbang lintas alam ke Carolina Utara dan Charlotte untuk bertanding dengan tim MLS lokal di Stadion Bank of America, kandang Carolina Panthers.

Setelah itu, penerbangan yang relatif singkat ke Orlando untuk pertemuan yang disebutkan di atas dengan rival London, Arsenal, di Piala Florida. Stadion Camping World, dengan kedok yang berbeda, menyelenggarakan lima pertandingan di Piala Dunia 1994.

 

Jadwal Pertandingan: 16 Juli vs Club America (Las Vegas), 20 Juli vs Charlotte (Charlotte), 23 Juli vs Arsenal (Orlando)

 

Total perjalanan udara: 11.936 mil

 

 ==

Liverpool

Musim 2021/2022 The Reds berlangsung lebih lama dari kebanyakan saat mereka mencapai final Liga Champions, kemudian kalah oleh Real Madrid di Paris.

Dengan banyaknya bintang mereka yang kemudian beraksi secara internasional, itu berarti waktu istirahat dan pemulihan yang sangat kecil sebelum mereka terbang ke Timur Jauh untuk tur pramusim.

Dua perhentian telah diumumkan, dengan pertemuan menarik melawan Manchester United di Stadion Nasional Rajamangala di Bangkok, Thailand, kali pertama digelar pada 12 Juli.

Dari sana, Liverpool menuju Singapura dan pertandingan melawan lebih banyak tim Liga Premier. Kali ini lawannya, Crystal Palace, di Stadion Nasional berkapasitas 55.000 pada 15 Juli.

Liverpool mungkin mengumumkan lebih banyak laga persahabatan, tetapi sebagai pemegang Piala FA, mereka juga akan menghadapi juara Liga Premier Manchester City di Stadion King Power, Leicester, di Community Shield pada 30 Juli.

Dengan Piala Dunia 2022 memotong petak besar dari musim 2022/2023, semuanya telah didorong ke depan.

 

Jadwal Pertandingan: 12 Juli vs Manchester United (Bangkok), 15 Juli vs Crystal Palace (Singapura), 30 Juli vs Manchester City (Community Shield, Leicester)

 

Total perjalanan udara: 13.719 mil

==

Manchester City

Juara Liga Premier juga melintasi Atlantik untuk bersiap mempertahankan gelar mereka dengan dua pertandingan tur.

City akan bermain melawan Club America di Stadion NRG di Houston pada 21 Juli, dengan Meksiko menghadapi lawan kedua Liga Premier dalam hitungan hari. Arena adalah rumah bagi franchise NFL Houston Texas dan menampung lebih dari 70.000 penonton.

Pep Guardiola dan timnya kemudian menuju ke Green Bay dan Lambeau Field yang bersejarah, kandang Packers, yang menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola untuk kali pertama.

City akan melawan Bayern Munich di sana pada 23 Juli, yang hanya seminggu sebelum pembukaan tirai Community Shield melawan Liverpool di Leicester.

Mungkin City akan menambah pertandingan persahabatan pramusim lebih lanjut kedua yang sudah diumumkan.

 

Jadwal Pertandingan: 20 Juli vs Club America (Houston), 23 Juli vs Bayern Munich (Green Bay), 30 Juli vs Liverpool (Community Shield, Leicester)

 

Total perjalanan udara: 9.507 mil

==

Manchester United

Ini adalah jadwal pramusim yang biasanya dikemas untuk United. Setan Merah menikmati popularitasnya di seluruh dunia dan merupakan salah satu klub Inggris pertama yang memanfaatkan potensi komersial dari tur pramusim yang luas.

Apakah manajer baru Erik ten Hag, manajer olahraga, dan tempat pelatihan klasik menikmati semua perjalanan yang melelahkan adalah masalah lain. Secara keseluruhan, jaraknya mencapai lebih dari 22.000 mil di udara.

Mereka menuju ke belahan dunia lain sekali lagi, dimulai dengan pertemuan dengan Liverpool di Bangkok, Thailand, pada 12 Juli.

Dari sana, berangkat ke Australia untuk dua pertandingan di Melbourne Cricket Ground yang ikonik yang mungkin akan hampir kehabisan kapasitas 100.000.

United melawan klub A-League Melbourne Victory pada 15 Juli, kemudian Crystal Palace, yang mengalahkan mereka pada hari terakhir musim Liga Premier, pada 19 Juli.

Penerbangan lintas negara mengikuti ke Perth, tempat Aston Villa menunggu mereka di Stadion Optus berkapasitas 61.000 pada 23 Juli.

Satu pemberhentian terakhir yang lebih dekat kemudian ditambahkan kunjungan ke ibuk ota Norwegia, Oslo, dan Stadion Ullevaal untuk pertandingan persahabatan dengan Atletico Madrid pada 30 Juli, seminggu sebelum awal musim baru.

 

Jadwal Pertandingan: 12 Juli vs Liverpool (Bangkok), 15 Juli vs Melbourne Victory (Melbourne), 19 Juli vs Crystal Palace (Melbourne), 23 Juli vs Aston Villa (Perth), 30 Juli vs Atletico Madrid (Oslo)

Total Perjalanan Udara: 22.648 mil

=

 

Tottenham Hotspur

Banyak waktu di depan untuk Tottenham juga musim panas ini dengan tim Antonio Conte menuju Korea Selatan. Di sana Son Heung-min akan menjadi daya tarik utama.

Mereka akan memainkan dua pertandingan di Coupang Play Series. Pertama, melawan Team K-League XI di Seoul World Cup Stadium pada 13 Juli.

Dari sana, perjalanan singkat ke Suwon untuk bertemu dengan klub Spanyol Sevilla pada 16 Juli.

Spurs juga telah mengumumkan pertandingan persahabatan dengan Rangers di Ibrox pada 23 Juli. Mereka kemudian terbang ke Haifa di Israel untuk pertandingan I-Tech Cup melawan Roma pada 30 Juli.

 

Jadwal Pertandingan: 13 Juli vs Team K-League (Seoul), 16 Juli vs Sevilla (Suwon), 23 Juli vs Rangers (Glasgow), 30 Juli vs Roma (Haifa)

 

Total Perjalanan udara: 15,368 mil

==

 

Klub Lain Berusaha Keras

Enam klub teratas bukan satu-satunya yang melakukan perjalanan jauh selama musim panas.

Aston Villa juga menuju Down Under dengan rencana tur tiga tempat di Australia. Di negeri tetangga Indonesia itu, mereka menghadapi Leeds United di Brisbane, Brisbane Roar di South Townsville, dan Man United di Perth.

Tim Steven Gerrard juga memiliki perjalanan yang lebih singkat ke klub Prancis, Rennes, yang dipesan untuk 30 Juli dan akan terbang sekitar 22.755 mil dalam petualangan pramusim.

Sementara itu, Crystal Palace akan berangkat ke Singapura untuk menghadapi Liverpool sebelum pertandingan melawan Man United di Melbourne dan Leeds United di Perth.

Secara total, tim asuhan Patrick Vieira itu akan terbang sejauh 21.194 mil selama pramusim.

Leeds United juga telah memutuskan untuk pergi ke Australia musim panas ini, dengan pertandingan diatur melawan Brisbane Roar di Robina di Gold Coast, Villa di Brisbane, dan Palace di Perth.

Secara keseluruhan, jarak tempuhnya 21.600 mil akan ditanggung klub Yorkshire.

Everton akan pergi ke Amerika Serikat saat membangun apa yang mereka harapkan akan menjadi kampanye yang tidak terlalu berat daripada yang terakhir.

Mereka akan menghadapi Arsenal di Baltimore pada 17 Juli, kemudian Minnesota United di Allianz Field pada 21 Juli. Perjalanan pergi pulang sejauh 8.239 mil.

Klub lain telah meluncurkan rencana yang lebih sederhana meskipun beberapa jadwal perlu disempurnakan sedikit lagi.

Brentford akan pergi ke Jerman, Fulham ke Algarve di Portugal, Southampton ke Austria, Leicester ke Belgia, dan Newcastle ke Lisbon dalam pertandingan persahabatan yang sudah dikonfirmasi.

West Ham, sementara itu, akan tetap cukup lokal setidaknya dalam pertandingan yang diumumkan sejauh ini dengan pertandingan melawan Ipswich, Boreham Wood, Reading, dan Luton. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: