Asa Timnas Stop Rekor Juara Ketiga di Piala AFF U-19

Asa Timnas Stop Rekor Juara Ketiga di Piala AFF U-19

Marselino Ferdinan sukses menciptakan gol dan tetap memberi suport pada rekan-rekannya salah satunya Asnawi yang gagal menciptakan gol saat penalti, Minggu 22 Mei 2022.-Tangkapan Layar/Youtube-Disway.id

JAKARTA, DISWAY - PIALA AFF U-19 akan berlangsung pada 2–15 Juli 2022 di Jakarta dan Bekasi. Dari hasil undian, timnas Indonesia U-19 masuk grup neraka.

 

Indonesia akan bersaing di grup A. Bersama Vietnam, Thailand, Myanmar, Brunei Darussalam, dan Filipina. Hanya dua peringkat teratas yang bisa lolos ke semifinal.

 

Tahun ini persaingan memang sedikit lebih ringan. Sebab, Australia tidak ikut berpartisipasi. Meski begitu, Indonesia tetap menatap jalan terjal.

 

Tim asuhan Shin Tae-yong itu tetap bersaing dengan rivalnya di babak grup, Vietnam dan Thailand.

 

Berlaga di rumah sendiri, Indonesia bertekad menjadi juara. Indonesia harus puas di urutan ketiga di tiga edisi beruntun pada 2017–2019. 

 

Pada 2020, turnamen ditiadakan karena pandemi. Timnas U-19 kali terakhir menjadi juara pada edisi 2013. 

 

Pada edisi 2017, Indonesia gagal melaju ke final setelah kalah oleh Thailand. Lalu, Indonesia takluk oleh Malaysia di dua edisi beruntun. Sebelum itu, Indonesia bahkan tidak lolos babak grup pada 2014–2016.

 

Indonesia memiliki waktu kurang dari dua pekan sebelum berlaga di Piala AFF 2022. Ronaldo Kwateh dkk baru menjalani latihan perdana di Jakarta pada Selasa (21/6) di Stadion Madya, Jakarta.

 

Tim Garuda Muda bertekad menghapus catatan sebagai spesialis juara ketiga. Apalagi, pada persaingan di Asia Tenggara, Indonesia masih sulit mengalahkan Thailand dan Vietnam. 

 

Saat SEA Games 2021, Indonesia yang menurunkan skuad U-23 juga berakhir sebagai juara ketiga.

 

”Bermain di kandang sendiri tentu saja target kami menjadi juara. Tetapi, setelah dari Toulon Cup lalu, kondisi fisik pemain agak tidak baik. Saat ini masih fokus memperbaiki fisik dan sentuhan bola mereka,” kata Shin Tae-yong.

 

Sebelumnya mereka mengikui Toulon Cup 2022 di Prancis. Hasilnya memang kurang memuaskan. Indonesia finis di posisi ke-10 dari 15 peserta dan hanya meraih 2 kemenangan.

 

Dalam pemusahan latihan kali ini, Shin Tae-yong juga memanggil tiga pemain keturunan untuk bergabung. Mereka adalah Jim Croque, Kai Boham, dan Max Christoffel. Namun, Shin Tae-yong belum memastikan mereka akan memiliki paspor Indonesia atau tidak. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: