Indra Sjafri: Nasionalisme dan Kebangkitan Garuda Muda Sepak Bola Indonesia

Indra Sjafri: Nasionalisme dan Kebangkitan Garuda Muda Sepak Bola Indonesia

Indra Sjafri saat terpilih menjadi salah satu peserta FIFA Technical Leadership Diploma pada Desember 2023.--Instagram/indrasjafri_coach

HARIAN DISWAY - Garuda Muda kembali menunjukkan taji mereka di level Asia Tenggara. Yakni setelah sukses meraih trofi Piala AFF U-19 Championship, tadi malam.

Skuad Dony Tri Pamungkas Cs itu berhasil membungkam Thailand dengan skor 1-0 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Senin malam, 29 Juli 2024.

Tentu saja, keberhasilan anak-anak muda Nusantara itu tidak lepas dari tuah magis dari Indra Sjafri, pelatih kepala Timnas U-19 Indonesia.

Sejak menakhodai skuad muda timnas pada 2011, lelaki 61 tahun kelahiran Lubuk Nyiur itu terus berupaya membuktikan betapa besar potensi anak-anak muda Nusantara di jagat sepak bola.

BACA JUGA:Profil dan Statistik Dony Tri Pamungkas, Best Player Piala AFF U-19 2024!

BACA JUGA:Jens Raven Menangis Bahagia, Indonesia Juara Piala AFF U19 2024!

Berkat sentuhan tangan dinginnya, Indra Sjafri membubuhkan namanya dengan harum dalam sejarah sepak bola nasional. 

Setidaknya, selama 11 tahun terakhir, ia sukses menggondol 4 trofi juara di sejumlah kompetisi tingkat Asia Tenggara. Yakni Piala AFF U-19 2013, Piala AFF U-22 2022, Medali Emas Sea Games 2023, dan Piala AFF U-19 2024.


Indra Sjafri (kanan) dan Shin Tae-yong dalam sebuah kesempatan. Kedua pelatih jenius ini membawa timnas sepak bola Indonesia berprestasi di kancah internasional.--Instagram/indrasjafri_coach

Kesuksesan tersebut tentu ditempuh dengan berbagai rintangan. Bahkan jalannya cukup terjal. Namun, kecintaannya pada proses pun berbuah manis.

Dalam kesempatan siniar bersama Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun dan Sabrang MDP pada 2021 silam, Indra Sjafri mengungkapkan bagaimana kegigihannya merombak cara pembibitan dan pembentukan timnas usia muda.

BACA JUGA:Kalahkan Thailand 1-0: Garuda Muda Juara Piala AFF U-19 2024

BACA JUGA:Final Piala AFF U-19: Magis Jawa Timur untuk Garuda Muda

Nasionalisme Sepak Bola

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: