44 Emas Diperebutkan di Cabang Atletik Porprov

44 Emas Diperebutkan di Cabang Atletik Porprov

Cabang olahraga atletik di Porprov VII 2022 akan dimulai Rabu (29/6) di Stadion Jember Sport Garden.-Dika Affandi-

JEMBER, DISWAY - Cabang olahraga atletik di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII 2022 akan dimulai pada Rabu, 29 Juni 2022. Melombakan total 44 selama empat hari. Dari keseluruhan nomor itu, ada 13 medali emas yang diperebutkan di hari pertama di Stadion Jember Sport Garden (JSG).

Gelaran cabang olahraga atletik di Porprov akan diawali dengan final lari 10.000 meter putra, decathlon-lompat jauh putra, dan lari 5.000 meter putri. Kemudian dilanjutkan dengan final lompat tinggi putra, lempar cakram putri, decathlon-lempar lembing putra, dan decathlon-200 meter putra.

Pada sore harinya, dilanjutkan dengan perebutan emas untuk nomor lompat jauh putra, lempar lembing putra, lompat tinggi putri, decathlon-lempar cakram putra, dan decathlon-lari 1500 meter putra. Selain itu, ada lari 400 meter gawang putra dan putri, lari 800 meter putra dan putri, serta lari 100 meter putra dan putri.

"Ini adalah event atletik ketiga setelah pandemi mulai melandai. Pada tahun lalu PASI Jawa Timur membuat Kejurda. Kemudian awal tahun ini juga ada Kejurda di Banyuwangi dengan nomor dan usia peserta sama seperti di Porprov Jember," terang Gigih Eko Setiawan, technical delegate cabang olahraga atletik Porprov VII 2022.

Peta kekuatan di Porprov VII tahun ini akan merata. Selain Kota Kediri yang menjadi juara umum di Porprov VI 2019, ada daerah lain yang siap menjadi penantang, seperti Kota Malang, Banyuwangi, dan Surabaya. "Peserta berusia 22 tahun. Jadi kami menggunakan aturan senior," sebut Gigih.

PASI Jawa Timur (Jatim), menurut Gigih, menurunkan tim pemandu bakat di Porprov VII 2022. Selain sebagai salah satu persiapan ke Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda), juga menjaring atlet untuk Kejuaraan Nasional (Kejurnas) pada Juli mendatang.

Untuk membentuk tim yang tangguh di Kejurnas, PASI Jatim juga menggelar seleksi khusus atlet yang tidak turun di Porprov. Seleksi akan dilakukan di Stadion JSG pada 2 Juli nanti. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: