Terjebak di Ukraina, Budi Absen di Pertemuan Anak Adopsi Indonesia di Belanda

Terjebak di Ukraina, Budi Absen di Pertemuan Anak Adopsi Indonesia di Belanda

Pertemuan tahunan Mijn Roots di Taman Indonesia Te Kallenkotte , 2 Juli 2022.-jorismaasvisuals-

GORSSEL, HARIAN DISWAY - Budi sangat kesal harus menunggu 12 jam di perbatasan Polandia. Tiket pesawatnya ke Belanda hangus. Namun, ada yang membuatnya lebih kesal. Budi tak bisa bertemu kekasihnya, Ana Maria van Valen yang memimpin acara akbar reuni Mijn Roots, 2 Juli 2022.

Yayasann Mijn Roots berkumpul di Belanda setiap 2 Juli. Mereka memperingati Hari Anak Adopsi Indonesia di Belanda dan membahas langkah tahunan.

Ana Maria, yang menjadi ketua yayasan Mijn Roots terbang ke Surabaya bulan lalu. Rencananya setelah kunjungan itu, ia bakal kembali ke Surabaya bersama Budi, sapaan akrab Bud Wichers, 7 Juli nanti.

Sayang, Budi tertahan di Ukraina, Jumat, 1 Juli 2022. Liputan yang luar biasa di Ukraina harus ditutup dengan kekecewaan.


Bud Wichers berfoto dengan kedua orang tua angkatnya Gerrie dan Han Wichers di Gorssel, Belanda setelah sebulan liputan di Ukraina.-Bud Wichers/Harian Disway-

Ana pun merasakan hal yang sama. Biasanya, Budi selalu menemani Ana di acara tahunan itu, sampai akhirnya keduanya menjadi pasangan kekasih. Mereka bermarkas di Surabaya untuk membantu 3 ribu anak adopsi yang masih berada di Belanda.

Mijn Roots punya tim khusus yang bertugas mencari keberadaan orang tua kandung. Jadi, anak-anak yang berada di Belanda tak perlu ke Indonesia.

Ana memimpin acara itu seorang diri. Tak ada Budi yang biasanya mengabadikan acara lewat jepretan kameranya. Di hari yang sama, Budi masih menunggu jadwal keberangkatan pesawat ke Belanda.

It was a good meeting (Itu pertemuan yang mengesankan, Red),” ujar Ana setelah mengirim foto pertemuan itu. Ada 32 orang yang berkumpul hari itu. Namun, acara itu terasa sangat berbeda tanpa Budi.

Banyak peserta yang masih belum bisa bertemu dengan keluarganya. Mereka merencanakan pencarian di Indonesia tahun ini.  “Some wants to search. Some just like to be together for sharing same background (Beberapa orang ingin mencari orang tuanya, beberapa lainnya ingin berkumpul dan berbagi kisah, Red),” lanjut Ana.

Ana pun punya kisah dramatis. Ia berpisah dengan keluarganya di Bogor sejak usia 3 tahun. Balita yang sudah bisa berbahasa Indonesia itu harus beradaptasi dengan banyak hal baru.


Bud Wichers dan Ana Maria saat berada di Indonesia.-Bud Wichers/Harian Disway-

Makanya, sampai sekarang bahasa Indonesia Ana masih sangat terjaga. Logatnya pun masih terasa Indonesia. Berbeda dengan Budi yang belum fasih berbahasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: