Cheng Yu Pilihan Brigjen TNI dr Djoko Wibisono: Shan Yu Ren Jiao

Cheng Yu Pilihan Brigjen TNI dr Djoko Wibisono: Shan Yu Ren Jiao

Cheng Yu dr Djoko Wibisono--

BRIGADIR Jenderal TNI dr. Djoko Wibisono, Sp.PD-KGH berprinsip, "Seribu teman masih kurang, satu musuh terlalu banyak." Ia ingin sebanyak mungkin mencari teman. Ogah bermusuhan dengan pihak manapun. Dokter spesialis ginjal (nefrologi) dan hipertensi ini, meminjam istilahnya Konfusius, "善于人交" (shàn yú rén jiāo): senang berteman dengan sebanyak-banyaknya orang.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Samuel Lie: Shui Zhi Qing Ze Wu Yu, Ren Zhi Cha Ze Wu Tu

Memang tidak mudah dilakukan. Sebab, kecenderungan manusia zaman now, sepertinya, lebih suka mencari-cari kesalahan untuk dibesar-besarkan. Belum lagi kalau sudah dikuasai perasaan iri dan dengki: apapun yang kita kerjakan bisa-bisa tidak ada benarnya sama sekali. Yang ada hanyalah usaha untuk membendung (containment) atau bahkan menjatuhkan.

Dalam kondisi demikian, adanya teman yang bisa saling dukung sangatlah diperlukan. Apalagi di saat terpuruk dan jauh dari keluarga. Kalau kata lagunya Rhoma Irama, "Sesungguhnya nilai teman yang saling setia, lebih dari saudara." Ungkapan Tiongkok klasik juga mengatakan, "在家靠父母,出外靠朋友" (zài jiā kào fù mǔ, chū wài kào péng you): di rumah bersandar kepada orang tua, di luar bersandar kepada teman setia.

Tak heran pula bila Nabi Muhammad bersabda, "Man ahabba ayyubsatho lahu firrizqi, wayunsa’a lahu fii atsarihi wal yashil rahimahu." Yang artinya: “Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung silaturahim." 

Dalam artian: perbanyaklah kawan, perbanyaklah jaringan. (*)


--

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: