Porprov VIII 2023 Bisa Terpusat di Sidoarjo

Porprov VIII 2023 Bisa Terpusat di Sidoarjo

PENUTUPAN Porprov Jatim VII/2022. Pada Porprov VIII tahun depan (2023), Sidoarjo memegang peran penting. Kabupaten itu punya fasilitas olahraga yang lengkap. -Kipli-KONI Jatim-

KABUPATEN Sidoarjo tampaknya memiliki porsi lebih besar dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII 2023. Pasalnya, Kota Udang itu memiliki fasilitas olahraga lebih banyak dan lebih komplet daripada tiga tuan rumah lainnya, yakni Kota dan Kabupaten Mojokerto dan Jombang. KONI Jawa Timur (Jatim) sebagai pelaksana juga melambungkan wacana untuk menggelar Porprov VIII pada triwulan terakhir 2023.

KONI Jatim baru saja menyelesaikan gelaran Porprov VII 2022 di Jember, Lumajang, Bojonegoro, dan Situbondo. Sekarang KONI Jatim harus bersiap untuk menggelar Porprov VIII. Mereka hanya punya waktu setahun untuk mempersiapkan multiajang terbesar di Jatim tersebut. Beruntung, empat daerah yang ditunjuk sebagai tuan rumah sudah menyatakan siap.

Sidoarjo menjadi yang paling menonjol. Dibandingkan dengan Kota dan Kabupaten Mojokerto serta Jombang, Sidoarjo jelas paling siap. Baik secara infrastruktur seperti venue pertandingan maupun akomodasi peserta. Dalam presentasinya, Sidoarjo siap menggelar upacara pembukaan sekaligus penutupan. Sidoarjo bahkan mampu melaksanakan 75 persen dari total keseluruhan cabang olahraga yang dipertandingkan di Porprov, ungkap Wakil Ketua III KONI Jatim Dedi Suhayadi.

Sidoarjo memang berpengalaman sebagai kawasan penyangga Surabaya saat Jatim menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XV pada 2000. Selain itu, Sidoarjo menjadi kawasan pendukung ketika Surabaya didaulat sebagai tuan rumah Porprov I 2007. Tak hanya itu. Sidoarjo juga pernah menyelenggarakan event skala internasional seperti Piala AFF.

Selain masalah pengalaman, fasilitas olahraga di Sidoarjo juga lengkap. Mereka punya Stadion Gelora Delta untuk cabang olahraga sepak bola. Di dalamnya juga terdapat arena atletik. Mulai lintasan lari hingga lompat jauh. Kawasan Gelora Delta juga dilengkapi dengan gedung untuk voli indoor atau basket, kolam renang, hingga arena panjat tebing (sport climbing).

Masalah akomodasi seharusnya tidak menjadi soal. Sebab, ada banyak penginapan mulai level homestay hingga hotel berbintang. Nilai plusnya lagi, Sidoarjo dekat dengan fasilitas transportasi publik. Dari stasiun kereta api, terminal bus, hingga bandara.

Tentu saja venue pertandingannya tidak hanya dipusatkan di Sidoarjo. Tiga daerah lainnya juga dibagi. Kabupaten Jombang misalnya. Mereka siap menjadi tuan rumah 12 cabang olahraga. Kabupaten Mojokerto juga memiliki banyak opsi untuk penginapan. Ini akan sangat bagus. Sebab masing-masing kota tuan rumah memiliki keunggulan masing-masing, imbuh Dedi.

Ia juga melambungkan wacana tentang jadwal Porprov. Berbeda dengan Porprov VII yang dilaksanakan pada pertengahan tahun, Porprov VIII mungkin digelar akhir tahun. Karena baru diputuskan pertengahan 2022, jadi sangat mungkin digelar Oktober atau November 2023, tutur Dedi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: