Pesawat Asli Tiongkok Lulus Uji Penerbangan

Pesawat Asli Tiongkok Lulus Uji Penerbangan

LEPAS LANDAS dari Bandara Internasional Pudong Shanghai, pesawat C919 ini membawa harapan kemajuan kedirgantaraan Tiongkok.-China Daily-

PRESTASI baru ditorehkan oleh Tiongkok di dunia kedirgantaraan. Produk mereka, C919, dinyatakan lulus seluruh uji penerbangan. Pesawat jet penumpang berlorong tunggal itu pun akan diganjar sertifikat kelaikan udara di negara tersebut. Itu diungkapkan oleh Commercial Aircraft Corp of China (Comac), produsen pesawat tersebut, Senin, 1 Agustus 2022.

 

Pelanggan pertama mereka adalah China Eastern Airlines. Maskapai itu akan membeli pesawat yang digarap sejak 2019 tersebut.

 

Enam prototipe C919 menjalani serangkaian tes yang ketat. Pada akhir Juli, Comac bertemu di Yanliang, provinsi Shaanxi, salah satu pangkalan untuk uji penerbangan. Itulah tes tahap akhir yang menentukan apakah C919 benar-benar layak mendapat sertifikat laik uji.

 

Sejauh ini, sudah ada 815 pesanan yang terkonfirmasi dari dalam dan luar negeri.

 

Saingan terberat C919—tentu saja—adalah pesawat-pesawat buatan pabrikan lama. Misalnya, Boeing 737 atau Airbus A320. Seluruhnya adalah pesawat berlorong tunggal yang sudah lama menerbangi langit.

 

Tetapi, C919 tetap kompetitif. Mereka mampu menyelesaikan enam penerbangan uji coba dalam dua bulan. Itu menunjukkan betapa efisiennya C9191.

 

Uji penerbangan memang menilai keamanan dan keandalan pesawat. Lulusnya C919 membuka harapan baru. Terutama bagi industri penerbangan domestik yang telah begitu bergantung pada Airbus dan Boeing.

 

Meski begitu, masih ada beberapa bagian suku cadang C919 yang diimpor dari barat. Mesinnya, Changjiang-1000A, juga masih dilengkapi suku cadang impor. (Doan Widhiandono)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: