Ada Bawang Goreng Ekspor hingga Drone Penyemprot Tanaman di InAgro Expo Jatim 2022

Ada Bawang Goreng Ekspor hingga Drone Penyemprot Tanaman di InAgro Expo Jatim 2022

DRONE Ferto-30 Taka Tech, Festival Industri Agro East Java 2022, Kamis 11 Agustus 2022.-Miftakhul Rozaq-

SURABAYA, HARIAN DISWAY, Ada drone berukuran besar yang terpajang di salah satu stan. Itu bukan drone kamera ataupun drone senjata untuk perang. Di bagian bawah drone terdapat tangki plastik putih berkapasitas 15 liter.

”Nah, itu bisa diisi pupuk cair organik, pestisida, vitamin, atau obat-obatan tanaman,” kata Rocky Hendra saat berjaga di stan Taka Tech saat acara InAgro Expo Jatim 2022 di ballroom Grand City Mall, Kamis, 11 Agustus 2022.

Marketing manager Taka Tech itu juga mengatakan, durasi baterai drone penyemprot tersebut hanya 15 menit. Namun, kemampuannya bisa menyemprot 1 hektare tanaman hanya dalam 10 menit. 

Kemampuan terbangnya juga tinggi meski bobotnya juga berat. Maksimal bisa terbang hingga ketinggian 120 meter. Namun, untuk penyemprotan yang lebih efektif hanya butuh ketinggian 2–3 meter.

Harga drone itu dipatok Rp 160 juta. Tentu tersedia fitur-fitur unggulan yang cukup canggih. Sistem kontrol pada remote drone tersebut memakai bahasa Indonesia. Itu memudahkan para petani.

Drone pun bisa disetel secara otomatis. Tinggal menentukan area tanaman yang akan disemprot pada layar remote. Lalu, menunggu sebentar untuk transfer data ke drone. ”Maka, drone bisa langsung terbang ke area yang sudah kita setel. Dan akan kembali ke tempat semula saat baterainya akan habis,” ujar Rocky.

Taka Tech juga menghadirkan produk lain. Yakni, combine harvester, kendaraan untuk memanen padi. Unitnya tak dipajang di stan. Tapi, para pengunjung bisa menonton video di layar yang tersedia di stan.

Combine harvester bisa memanen 1 hektare tanaman padi dalam waktu 1,5 jam. Harus ada dua orang untuk mengoperasikan. Satu orang sebagai sopir. Satu orang lagi berjaga di samping untuk menadahi gabah yang sudah tergiling mesin.

Kendaraan pemanen itu dilengkapi GPS. Dengan demikian, petani bisa memantau lokasi. Juga, bisa melihat jumlah jam kerja kendaraan. ”Kalau sudah dipakai sampai 50 jam nanti muncul notifikasi. Artinya, kendaraan butuh di-maintenance,” jelasnya.


GUBERNUR Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Kordinator WKUI Bidang Organisasi, hukum dan komunikasi Yuki Nugrahawan, meresmikan Festival Industri Agro East Java 2022, Kamis 11 Agustus 2022.-Miftakhul Rozaq-

Stan lain diisi Ayoternak.id. Perusahaan digital yang bergerak di bidang peternakan. Aplikasi itu sudah bisa diunduh sejak Juli. Bisa dimanfaatkan oleh siapa saja yang berkecimpung di dunia peternakan.

”Bisa peternak, pembeli, penjual pakan, obat ternak, atau siapa pun pokoknya,” ujar Trade Service Executive Ayoternak.id Muhammad Fuad. Termasuk orang-orang yang berminat beternak tapi tak punya lahan. Maka, Ayoternak.id menyediakan fitur ”sewa kandang”.

Fitur tersebut semacam investasi. Siapa pun bisa menyewa kandang ternak. Tinggal menunggu satu periode, bisa langsung panen. Dan tentu si penyewa tanpa perlu sibuk mengurusi hewan ternak.

”Perusahaan kami memang semacam agregator. Tapi, di dalamnya juga tersedia fitur marketplace,” ungkap Fuad. Tujuan perusahaan itu ialah ikut mengerem harga hewan ternak yang kerap fluktuatif. Dan saat ini sudah punya 600 kandang ayam. Dengan produksi 12 juta ekor per periode.

Yang tak kalah menarik adalah stan milik CV Dua Putri. Perusahaan asal Probolinggo itu memamerkan bawang goreng kemasan. Namun, bukan bawang goreng biasa. Ada berbagai varian rasa, mulai keju, ayam bakar, hingga sapi panggang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: