Ada Bawang Goreng Ekspor hingga Drone Penyemprot Tanaman di InAgro Expo Jatim 2022

Ada Bawang Goreng Ekspor hingga Drone Penyemprot Tanaman di InAgro Expo Jatim 2022

DRONE Ferto-30 Taka Tech, Festival Industri Agro East Java 2022, Kamis 11 Agustus 2022.-Miftakhul Rozaq-

”Jadi, bisa langsung dicamil,” kata Humaidatul Faiqoh Putri Abdillah yang berjaga di stan itu. Pemasaran bawang goreng varian rasa tersebut sudah luas. Baik di pasar modern maupun pasar online. 

Bawang goreng merek Hunay itu pun kini mampu memberdayakan lebih dari 60 karyawan. Bahkan, kini sudah diekspor ke beberapa negara seperti Kanada, Singapura, Jepang, dan Korea. ”Karena kemasan kami juga menarik,” jelas Humai yang berjaga di stan nomor 89 itu.

Ya, InAgro Expo Jawa Timur 2022 itu diikuti 125 stan. Baik dari pengusaha swasta maupun UMKM dari OPD Pemprov Jatim. Tentu produknya seputar pertanian, perikanan, dan agroindustri.  Festival tersebut berlangsung mulai 11 hingg 14 Agustus 2022 bertajuk Sinergi dan Konektivitas Hulu Hilir Industri Agro. 

”Ini bagian dari persiapan semua stakeholder menyambut Indonesia Emas 2045 mencapai ketahanan pangan,” kata Koordinator Wakil Ketua Umum I Bidang Organisasi, Hukum, dan Komunikasi Kamar Dagang dan Industri Nasional Yukki Nugrahawan.

Sebab, kata Yukki, persiapan krisis pangan harus diimbangi. Terutama tidak hanya menjual bahan mentah. Tetapi, juga dengan mengelola dan membuat produk. Bahkan, hingga mendistribusikan ke internasional.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Jatim Drajat Irawan turut menyambangi ekspo itu. Ia berharap agar pameran tersebut bisa memunculkan berbagai rekomendasi untuk mendongkrak produksi. Apalagi, Jawa Timur didominasi agroindustri mencapai 80 persen. ”Semoga nanti daya saing, kapasitas, dan kualitasnya bisa diserap ekspor semua,” jelasnya. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: