Mijn Roots Mencari Orang Tua Kandung: Buku Tua Itu Masih Tersimpan (11)

Mijn Roots Mencari Orang Tua Kandung: Buku Tua Itu Masih Tersimpan (11)

Bob Schellens menemukan dokumen kelahirannya di buku tua milik RSUD Soetomo, Rabu, 24 Agustus 2022.--

Bob Schellens lahir di RSUD dr Soetomo pada 15 Februari 1981. Dokumen kelahiran yang ia miliki ternyata cocok dengan arsip tua milik rumah sakit yang ada di Karang Menjangan, Surabaya, itu. Sejak 2017 ia ke sana, tetapi baru Rabu, 24 Agustus 2022, ia boleh merekam dan memotret tempat kelahirannya.

BOB lega sekali setelah Meri Suhadak mau menjalani tes DNA. Ada kemungkinan putri pemilik Hotel Chandra itu adalah saudarinya. Cuma beda ibu. Sebab, alamat yang tertera di dokumen kelahiran dan notaris menyatakan ibunya pernah tinggal di hotel milik almarhum Suhadak itu.

Waktu menunjuk pukul 14.00 ketika Bob memberi salam perpisahan untuk Meri di depan pagar rumahnyi. Itu adalah hari terakhir Bob di Surabaya. Masih ada waktu untuk jalan-jalan. 

Bob sudah harus di Jakarta karena ada urusan keesokan harinya. Hari ini Bob sudah terbang ke Belanda untuk kerja yang ia tinggalkan selama libur musim panas. Maka, setelah pulang dari rumah Meri, ia ke RSUD dr Soetomo.


Bob Schellens di halaman RSUD dr Soetomo Surabaya.-Abimanyu Ardiansyah/Harian Disway-

Tiga pekan sebelumnya kami sudah pernah ke sana. Namun, hasilnya mengecewakan.

Hari itu wartawan Disway Internship Programme (DIP) Lady Khairunnisa mengajaknya mencicipi makanan khas Surabaya: black soup A.K.A. (also known as) rawon. Ada warung rawon langganan di dekat kampus Lady, di Universitas Airlangga (Unair).

Is that Soetomo Hospital (apakah itu RSUD dr Soetomo, Red)?” tanya Bob sambil menunjuk ke arah depan. Ia familier dengan RSUD terbesar di Jatim itu. Bob pernah beberapa kali ke sana sejak 2017.

Ia tak pernah mendapat izin untuk merekam aktivitasnya. Padahal, Bob sangat butuh video di RSUD dr Soetomo untuk proyek film dokumenternya. Di sanalah ia dilahirkan.

 ”Can we go there (bisakah kita ke sana, Red)?” tanya jurnalis, content creator, sekaligus DJ, itu sambil menyantap rawon. Rupanya ia doyan. Makan sampai habis. Mungkin karena lapar dan rawonnya memang essiiiip!

Agar tidak terlalu sore, kami langsung menuju Soetomo. Satu per satu lorong kami lewati untuk mencari ruang ibu bersalin. Ternyata nyasar ke ruang spesialis bedah. 

Kami bertanya ke perawat yang berjaga di sana. Kami menerangkan kisah Bob, anak adopsi dari Eindhoven, Belanda. Ia lahir di RSUD dr Soetomo pada 15 Februari 1981.

Ia mencari bidan Sri Hermani yang membantu kelahirannya dulu. Mereka ikut penasaran dengan kisah Bob itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: