Dapat Kartu Kuning Lawan PSS, Kapten Persebaya Alwi Slamat Bisa Lawan Bali United?

Dapat Kartu Kuning Lawan PSS, Kapten Persebaya Alwi Slamat Bisa Lawan Bali United?

Alwi Slamat bisa tampil lawan Bali United.--

SURABAYA, DISWAY - TERJAWAB sudah teka-teki terkait Alwi Slamat. Kapten Persebaya itu dipastikan bisa tampil saat menjamu Bali United pada Jumat, 2 September 2022 mendatang. Sebelumnya ramai dikabarkan bahwa pemain asal Tulehu tersebut tak bisa turun karena akumulasi kartu.

Saat lawan PSS Sleman, pemain yang juga prajurit TNI-AD tersebut mendapatkan kartu kuning karena mengganggu kiper M. Ridwan. Itu adalah kartu ketiga yang didapatkan Alwi. Musim sebelumnya, pemain yang terkena kartu kuning yang ketiga harus absen satu pertandingan. Berikutnya, saat mendapatkan lagi kartu kuning dua kali, absen sekali. Begitu seterusnya.

Tahun ini PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi memberikan kelonggaran dalam urusan kartu kuning. Regulasi kompetisi Liga 1 2022/2023 memberikan toleransi kepada seorang pemain harus absen sekali laga bila sudah mengantongi empat kartu kuning. Bukan tiga kartu kuning.

Berikutnya, hukuman larangan tampil sekali pertandingan akan diberikan lagi jika pemain itu mendapatkan kartu kuning ketiga. Begitu seterusnya.

”Lawan Bali, semua pemain bisa turun. Kecuali Vidal yang cedera. Tak ada akumulasi kartu. Musim ini, setelah empat kali, baru kena larangan bermain. Artinya, Alwi aman. Bisa kami mainkan,” ungkap Aji Santoso, pelatih Persebaya. 

Urusan kartu, Aji sebetulnya tidak terlalu risau. Ia tak ingin para pemain terbebani di lapangan karena bayang-bayang akumulasi kartu. ”Setiap pemain fokus di pertandingan yang dijalani. Perkara pertandingan berikutnya, itu urusan nanti. Jangan sampai pertandingan satu belum diselesaikan sudah berpikir ke pertandingan berikutnya. Malah tidak fokus,” tandasnya. 

Pun demikian dengan Alwi Slamat. Ia tetap meminta sang pemain tidak terlalu memikirkan laga berikutnya. Harus fokus menyelesaikan laga lawan Bali. Tidak perlu takut mendapatkan kartu. ”Tapi, juga jangan mencari-cari. Yang terpenting fokus dan enjoy menikmati pertandingan,” tegasnya. 

Peran Alwi memang cukup vital. Ia menjadi jenderal lapangan tengah. Menjaga keseimbangan permainan. Baik saat bertahan maupun menyerang. Tak heran, musim ini ban kapten disematkan di lengannya.

”Alwi mengemban tugas besar di lapangan. Sebagai kapten sekaligus mengendalikan permainan di lini tengah. Oleh karena itu, saya minta ia fokus. Gak perlu memikirkan pertandingan berikutnya. Mari diselesaikan pertandingan lawan Bali dengan happy ending,” pungkasnya. (*)

Sumber: