Nonton YouTube, Istri Dibakar

Nonton YouTube, Istri Dibakar

-Ilustrasi: Reza Alfian Maulana-Harian Disway-

Madroi, 60: ”Dia teriak: Ncang, tolongin. Ncang, tolong... Saya datang, keadaannya sudah melepuh. Badannya sudah terkelet. Minta tolong itu doang, Ncang... Ncang.” (Ncang dalam bahasa Betawi berarti kakak laki-laki).

Dilanjut: ”Emang, mereka suka ribut terus. Waktu itu kirain ribut biasa. Jadi, saya nggak perhatiin. Pas kebakar, dia sadar. Saya langsung keluar, bilangin adik saya: Tolongin itu bawa ke rumah sakit.”

Saksi Erna, 39: ”Mereka beranak empat. Yang gede umur 10, si bontot umur setahun. Waktu kejadian, tiga anak di dalam rumah. Sebelum kejadian, mereka memang suka ribut, tuh. Pernah, lakinya dilempar piring sama bini. Itu mungkin kesel.”

Dilanjut: ”Nah, pas malam itu lakinya luapin emosi ke anak. Juga ke bini:  Jangan main HP bae lo. Nanti gue bakar anak lo. Die ngomong gitu, si bini malah nantangin: Kalau berani, bakar gue.” Terjadilah....

Kejadian biasa. Sangat sering terjadi di keluarga Indoneisa. Khususnya warga kelas sosial bawah. Juga kelas menengah-bawah. Kelas sosial menyangkut ekonomi dan tingkat pendidikan.

Kriminolog merunut perilaku destruktif orang dewasa, terkait pengasuhan dan aneka peristiwa di masa kanak-kanak. Di kasus Depok, tiga anak menyaksikan kekejaman ortu.

Profesor David Philip Farrington dalam bukunya, Predicting Adult Official and Self-reported Violence (Cambridge University Press: 2001) menyebutkan:

”Kejahatan orang dewasa, terkait erat masa kecil mereka. Masa kanak-kanak adalah masa penting setiap manusia. Penelitian menunjukkan, agresi di masa kanak-kanak adalah prediktor kuat kejahatan dan kekerasan orang dewasa.”

Farrington adalah kriminolog Inggris. Ia profesor emeritus bidang studi psikolog forensik di University of Cambridge, Inggris. Ia kini menghabiskan masa tua di London.

Di kalimat pada bukunya itu, dijelaskan begini: Agresi di masa kanak-kanak, bisa berarti: Perilaku agresi anak terhadap temannya. Atau anak melihat perilaku agresi orang lain terhadap orang lain. 

Kalaimat selanjutnya: ”Adalah prediktor kuat kejahatan dan kekerasan orang dewasa”. Dijabarkan: Anak yang melakukan, atau melihat agresi, bisa menjadi agresor berbentuk perbuatan jahat atau kekerasan terhadap orang lain.

Perilaku jahat atau tindak kekerasan orang dewasa, terkait masa lalu mereka, dikaitkan juga dengan socio economic status (SES) orang bersangkutan. Makin rendah tingkat SES orang di masa kecil, makin sering mereka melihat atau mengalami kekerasan. Begitu juga sebaliknya.

Farrington tidak memerinci, mengapa orang miskin ekonomi dan rendah tingkat pendidikan (SES rendah) lebih sering bertengkar bila dibandingkan dengan SES tinggi.

Barangkali, pembaca teori Farrington disuruh menafsirkan sendiri. Bahwa keluarga yang selalu kesulitan uang untuk menafkahi keluarga otomatis sering pusing. Kalau sudah pusing, segalanya jadi serbagelap. 

Karena itu, persoalan menonton YouTube, yang bagi orang dengan SES tinggi adalah hiburan, bagi SES rendah bisa jadi malapetaka. Bahkan tragedi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: