Penjelasan Ilmiah Sulit Tidur di Malam Pertama Kos Baru

Penjelasan Ilmiah Sulit Tidur di Malam Pertama Kos Baru

Ilustrasi malam pertama di kos baru.-Maulana Albar Naafi/Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Sebagian orang tak bisa tidur di tempat baru. Fenomena itu terjadi meski tubuh dalam keadaan sangat letih. Hal ini juga sering dialami mahasiswa pada malam pertama di kos-kosan. Kadang pula sudah merasa tidur tapi tidak nyenyak.

Fenomena itu disebut first night effect atau efek malam pertama. Mengapa bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya, ya? 

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Current Biology Brown University di Amerika Serikat (2016), otak akan terus terjaga ketika seseorang berada di tempat baru. 

Peneliti memantau aktivitas otak para peserta yang diminta untuk tidur di laboratorium. Pada malam pertama, rupanya otak kiri para peserta yang sedang tidur masih tetap aktif dan bereaksi terhadap suara di sekitarnya.

Otak bagian kiri perannya lebih penting dalam berjaga-jaga dan mendeteksi adanya ancaman ketimbang otak kanan. Inilah mengapa anda akan lebih mudah terbangun di tempat baru.  

Hal itu terjadi karena muncul kecemasan akan hal-hal yang tidak terduga. Misalnya suhu ruangan atau posisi tidur yang berbeda. Untuk melindungi diri dari ancaman, otak kiri anda pun akan berjaga-jaga.

Kadar stres juga bisa meningkat di tempat baru. Misalnya takut ada hantu, kriminalitas, atau hal lain yang dianggap mengancam.

Journal of Psychiatric Research juga mengungkapkan bahwa first night effect tersebut bisa bertahan selama lebih dari satu malam. Otak perlu perlu beradaptasi dengan lingkungan baru.

Fenomena itu juga terjadi pada peserta Disway Internship Programme (DIP) asal Politeknik Negeri Malang. Salah satu dari mereka terjaga semalaman di kamar kos. Tak merasa ngantuk sama sekali padahal badan sangat letih.

Suasana kos yang mereka tempati memang agak gelap. Suara sering muncul karena banyak orang yang berlalu lalang.

Kalau itu terjadi pada anda, ada tips untuk mengatasinya:

1. Membersihkan tempat kos.

Membersihkan tempat kos bisa membuat penghuninya lebih nyaman. Debu, sampah, hingga sarang laba-laba bisa mengurangi kenyamanan. Biasakan pula membuka pitu dan jendela selagi bisa untuk menjaga sirkulasi udara.

2. Membawa bantal atau guling dari rumah.

Sumber: