Penjelasan Ilmiah Sulit Tidur di Malam Pertama Kos Baru

Penjelasan Ilmiah Sulit Tidur di Malam Pertama Kos Baru

Ilustrasi malam pertama di kos baru.-Maulana Albar Naafi/Harian Disway-

Tempat kos baru kebanyakan menyediakan bantal, guling atau sprei.  Namun, tidak ada salahnya jika kita membawa alat tidur kita sendiri. Tanpa kita sadari, bantal, guling dan sprei yang kita gunakan di rumah adalah salah satu faktor untuk kita bisa tidur nyenyak dan pulas. 

3. Membawa pengharum ruangan seperti kamar rumahmu.

Ketika masuk ke dalam kost baru, banyak dari mereka yang kaget terhadap bau dari tempat tersebut. Bau yang tidak sesuai dengan keseharian kita memanglah membuat kurang nyaman untuk ditempati.

Anda bisa menggunakan pengharum ruangan untuk menyiasati hal itu. Lebih baik gunakan pengharum ruangan yang sama dengan yang dipakai di rumah.

4. Mandi air hangat sebelum tidur

Orang mengira bahwa mandi malam itu tidak sehat, namun nyatanya hal itu salah karena mandi malam dengan air hangat justru akan membuat tubuh kita merasa rileks dan akan merasa lebih enak untuk digunakan tidur.

 Mandi air hangat sebelum tidur juga memiliki beberapa manfaat untuk bisa tertidur nyenyak. Air hangat akan membuat tubuh terasa lebih rileks dan santai dan lambat laun tubuh akan lemas kemudian hawa ngantuk akan terasa di tubuh kita.

6. Jangan main HP atau Laptop sebelum tidur

Memainkan HP atau Laptop akan membuat otak kita akan bekerja terus menerus dan sinar cahaya dari HP atau Laptop  membuat otak kita  terus waspada dan tidak bisa beristirahat sehingga akan susah dalam tidur nantinya. Pastikan kita tidak bermain HP atau Laptop 60-90 menit karena jika otak kita telah santai dan beristirahat maka akan membuat kita akan lebih mudah tidur.

7. Jangan minum kopi atau teh sebelum tidur

Kopi dan teh mengandung kafein. Kandungan itu bisa membuat anda semakin sulit tidur di tempat baru. Otak kiri bakal semakin terjaga.

8. Stop overthinking.

Banyak orang takut hantu atau kriminalitas. Apalagi di tempat baru yang kondisinya masih belum banyak diketahui. Karena itu belajarlah berpikiran positif. (Maulana Albar Naafi)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: