Apa yang Baru dari iPhone 14?

Apa yang Baru dari iPhone 14?

Ilustrasi iPhone 14-Apple-

CALIFORNIA, HARIAN DISWAYApple resmi memperkenalkan produk yang sudah ditunggu-tunggu banyak orang: iPhone 14. Seri ini dirilis dalam empat model. Yaitu iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. 

Sayang model mini ditiadakan dalam seri itu. Sebagai ganti, Apple merilis model iPhone 14 Plus dengan menghadirkan layar sebesar 6,7 inchi pada acara “Apple Event” yang digelar  7 September lalu.

Sama seperti versi sebelumnya, iPhone 14 dan iPhone 14 Plus masih menggunakan chipset A15 Bionic. Keduanya menggunakan panel OLED dan terlindungi dengan ceramic shield. iPhone 14 dibekali kamera depan ultrawide beresolusi 12 MP dengan bukaan lensa (f/1.9). 

Kamera ini juga diklaim Apple mendapat peningkatan 49 persen pada kondisi minim cahaya. Sedangkan pada bagian belakang, iPhone 14 dibekali dengan dua kamera, salah satunya beresolusi 12 MP (f/1.5).

Pada iPhone 14, Night Mode menjadi dua kali lebih cepat dari generasi sebelumnya. “Sistem kamera iPhone 14 memiliki banyak peningkatan. Peningkatan low-light lebih cepat dua kali lipat untuk kamera depan dan ultrawide,” jelas Caron Thor, Senior Manager, Camera Image Quality Apple. 

Ada pula fitur lain yang diberikan Apple pada iPhone 14. Seperti Deep Fusion dan Photogenic Engine untuk meningkatkan kualitas gambar di tempat gelap dan proses rendering warna. Apple juga menambahkan fitur Action Mode pada perekaman video. Fitur ini berguna untuk menstabilkan video yang diambil.

Untuk pertama kalinya, iPhone 14 menghilangkan slot kartu SIM. Dan sepenuhnya menggunakan eSIM. Kedua versi ini tersedia dalam lima varian warna. Yaitu Midnight, Starlight, Blue, Purple dan Product Red.

Varian iPhone 14 dijual dengan harga US$ 799 atau sekitar Rp 11,9 juta  Sedangkan iPhone 14 Plus mulai dari US$ 899 atau sekitar 13,4 juta. Pre order bakal dibuka mulai 9 September dan tersedia mulai 16 September. Kecuali iPhone 14 Plus yang baru tersedia 7 Oktober.

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max

Seperti kabar yang beredar sebelumnya, Apple nampaknya mengubah desain “notch” yang sudah melekat sejak varian iPhone X. Keduanya kini memiliki notch berbentuk pil atau oval yang memanjang. Berbeda dengan versi lawas yang menyatu dengan ponsel, notch kali ini bisa berubah bentuk dan ukuran.

“Bubble notch dapat berpindah dan berubah bentuk, menyesuaikan cara pengoperasian iPhone,” kata Greg Joswiak, SVP Worldwide Marketing Apple.

Notch ini dipakai sebagai tempat komponen Face ID dan kamera depan. Sekaligus memindahkan sensor proximity ke balik layar.

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max memiliki sistem baru bernama Dynamic Island. Sistem ini memungkinkan notifikasi muncul di notch animasi, yang dapat berubah bentuk dan ukuran. 

iPhone 14 Pro hadir dengan layar 6,1 inci dan iPhone 14 Pro Max dengan layar 6,7 inci. Dan untuk pertama kalinya, kedua versi ini dilengkapi dengan fitur Always on Display (AOD). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: