Ratu Elizabeth II dan Corgi-Corginya

 Ratu Elizabeth II dan Corgi-Corginya

RATU ELIZABETH II dan salah seekor corgi kesayangan berjalan-jalan di tepi pantai, pada sebuah kesempatan tahun lalu.-Tim Graham-Getty Images via Harper's Bazaar

LONDON, Harian DiswayRatu Elizabeth II dikenal sebagai pencinta anjing. Khususnya corgi. Ras anjing berkaki pendek yang memang asli Wales. Ratu hampir selalu punya corgi sepanjang hidupnya. Setidaknya seekor.  

Ketika meninggal di Balmoral, Kamis, 8 September 2022 waktu setempat, Ratu Elizabeth II meninggalkan tiga ekor anjing. Dua di antaranya adalah corgi. Belum diketahui secara pasti, siapa yang akan mengurus mereka setelah kepergian Ratu. Yang jelas, ketiganya bakal diadopsi oleh salah seorang anggota keluarga kerajaan.     

’’Kita hanya bisa berspekulasi soal nasib anjing-anjing itu,’’ kata pengamat royal family Victoria Arbiter kepada The Independent. ’’Keluarga kerajaan semuanya adalah pencinta anjing. Meski tidak spesifik menyukai corgi. Ratu adalah satu-satunya tuan dan majikan anjing-anjing itu. Beliau memperlakukan mereka dengan sangat baik,’’ papar dia.

Selama 96 tahun di dunia, Ratu pernah ditemani lebih dari 30 ekor corgi. Setiap ada yang mati, Ratu selalu langsung mengadopsi anjing baru.


-keystone-france-Getty Images via Harper's Bazaar

Di bawah asuhan Ratu Elizabeth II, corgi-corgi itu hidup nyaman dan mewah. Para guguk punya ruangan sendiri di Istana Buckingham. Yang diberi nama Kamar Corgi. Di mana mereka tidur di keranjang rotan berdesain cantik. Yang spreinya diganti setiap hari.

Ratu sendiri yang memberi makan mereka. Dengan menu spesial berupa daging kelinci dan sapi, ’’Yang dibuat dan disiapkan oleh seorang gourmet chef,’’ tulis The Independent. Anjing-anjing Ratu Elizabeth biasanya diawasi oleh dua orang penjaga. Yang disebut Doggie 1.

Pada 2012, Ratu Elizabeth mengungkapkan keinginan untuk berhenti mengadopsi anjing. Tepatnya setelah kematian corgi kesayangan dia, Monty. Ratu waktu itu mempertimbangkan nasib mereka kalau dia—saat itu berusia 86 tahun—meninggal. ’’Aku tidak ingin meninggalkan anjing-anjing muda. Ini harus kuakhiri,’’ tutur dia, seperti dikutip Vanity Fair.  

Setelah Monty tiada, tinggal satu corgi yang menemani Ratu. Namanya Whisper. Namun, ketika Whisper juga pergi pada 2018, Ratu jadi sering menerima hadiah berupa anakan corgi. Dia mendapatkan Fergus dan Muick ketika Pangeran Philip sakit tahun lalu. Sayangnya, Fergus tak berumur panjang.

Kemudian, dalam peringatan 100 tahun Pangeran Philip, Juni 2021, Ratu mendapat hadiah seekor corgi lagi. Ia diberi nama Candy. Jadi, sekarang, ada Candy, Muick, dan seekor dachshund di Istana Buckingham yang kehilangan majikan kesayangan. (Retna Christa)  

Sumber: The Independent