Cheng Yu Pilihan Ricky Suharlim Founder Reiki dan Lingchi: Yi Shen Zuo Ze

Cheng Yu Pilihan Ricky Suharlim Founder Reiki dan Lingchi: Yi Shen Zuo Ze

Cheng yu Ricky Suharlim--

ADA satu wejangan yang selama ini dipegang teguh Ricky Suharlim. Bunyinya: "健康为万事之本, 学问为济世之本" (jiàn kāng wéi wàn shì zhī běn, xué wèn wéi jì shì zhī běn). Artinya: Kesehatan ialah fondasi segalanya, ilmu pengetahuan ialah fondasi untuk menyelamatkan dunia.

Ada juga yang menganalogikannya dengan angka-angka. Kesehatan 1. Lainnya 0. Seberapa banyak 0 yang kita punya, kalau tidak ada 1 di depannya, tetap tak akan ada gunanya. 1.000.000.000.000 baru berarti satu triliun setelah di depan dua belas 0 dibubuhi 1. Dengan lain kata, jika orangnya tidak sehat, segala hal yang kita miliki tidak akan bisa kita nikmati.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Pendiri PT SMS Indoputra Amal Alghozali: Ren Min Ai Wu

Makanya, sebelum pada tahun 2000 mendirikan klinik yang diresmikan langsung oleh wali kota Surabaya, Ricky sudah rutin menggelar kegiatan sosial penyembuhan gratis sejak 1999. Agar masyarakat, terutama yang tidak mampu, bisa terjaga kesehatannya. Metode penyembuhan yang digunakan adalah Reiki & Ling-chi.

 Konon, Reiki merupakan metode penyembuhan kuno yang berasal dari Tibet. Biasa digunakan oleh para biksu di wilayah dengan ketinggian lebih dari 4.000 meter di atas permukaan laut itu. 

Setelah sekian lama menghilang, pada akhir abad ke-18 metode penyembuhan ini ditemukan kembali oleh Mikao Usui 臼井甕男 (1865-1926) dari Jepang. Ia kemudian menamainya Reiki (霊気). Yang bila diterjemahkan, masing-masing berarti alam semesta (霊 rei) dan energi (気 ki).

Di Tiongkok, Reiki lebih dikenal dengan sebutan Ling-chi (灵气).

Tentu, untuk terus sehat, selain berobat kita dituntut untuk selalu disiplin dan mandiri dalam banyak hal. Sejak kecil, Ricky dididik orang tuanya untuk menjadi manusia yang demikian. Sebab, "Semua orang tua pasti meninggal dan hanya kamu yang bisa mengatur dirimu sendiri," kata Ricky, menirukan nasihat ayahnya.

Pesan itulah yang juga Ricky senantiasa aplikasikan dalam menjalani kehidupannya. "Saya harus bisa memimpin diri sendiri dulu, supaya dapat memberikan teladan kepada orang lain. Seperti dibilang pepatah Tiongkok, '以身作则' (yǐ shēn zuò zé), memimpin dengan keteladanan."

Kini, selain sebagai founder Reiki & Lingchi, Ricky juga aktif dalam beberapa organisasi. Di antaranya, sebagai dewan penasihat di PSMTI (Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia) dan bendahara umum di JKOne Owners Club Indonesia. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: