Beli Banyak Makin Murah

Beli Banyak Makin Murah

MURAH MERIAH Ikan patin asap yang sudah matang akan dikelompokkan berdasarkan ukuran yang itu menentukan beragam harga.-Nadine Churnia Putri-

Pecinta ikan asap wajib tahu surganya ikan asap di Jalan Tambak Wedi Surabaya. Biasanya ikan asap ini disebut iwak panggangan. Tahu enggak sih kalau di sekitar Jalan Tambak Wedi ada tempat khusus pengasapan ikan yang berjajar panjang. 

Salah satu tempat pengasapan yang saya datangi adalah pengasapan ikan milik Muhamad Nasrulah.

Dalam sehari Nasrullah mengasap ikan sebanyak dua kuintal lebih. Terdiri dari ikan patin, ikan dorang, dan ikan kuniran yang dibeli dari Tulungagung.

Nasrulah mengasap ikan sehari dua kali. Pada dini hari pukul 01.00 dan siang hari pukul 13.00. Untuk mengolahnya, Nasrulah dibantu tiga pegawainya yang masing-masing memiliki tugas yang berbeda.

Proses pengasapan ikan cukup mudah. Lebih dulu ikan dicuci sampai bersih. Kemudian bakar batok kelapa sebagai arang untuk pengasapan. Setelah ikan diasap selama kurang lebih 5 menit, ikan dikemas. 


SEDAP Proses pengasapan ikan patin yang jadi pemandangan khas di Jalan Tambak Wedi Surabaya. Bila masak, ikan patin ini harum berbau asap yang khas.-Nadine Churnia Putri-

Selanjutnya dilakukan quality control untuk memastikan apakah sudah sesuai pesanan apa belum. Bila sudah sesuai ikan asap siap dikirim ke Pasar Sepanjang, Pasar Keputran, Pasar Krukah, Pasar Sidoarjo dan Pasar Malang.

Satu ikan asap bervariasi harganya mulai dari Rp1.500, Rp2.000, Rp2.500, Rp 3.500, Rp 4.000, dan Rp 5.000. Tergantung besar kecil ikannya. Semakin banyak jumlah yang kita beli semakin murah harganya.


IWAK PE Proses pengemasan ikan panggang atau yang biasa disebut iwak pe alias panggang yang siap dikirim ke beberapa pasar di Surabaya. Jadi santapan enak di meja makan.-Nadine Churnia Putri-


SIAP JUAL Seorang pedagang ikan asap yang sedang menata di Jalan Tambak Wedi Surabaya. Setelah itu dia siap melayani pembeli yang datang.-Nadine Churnia Putri-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: