Robbie Coltrane dalam Kenangan Rupert Grint: Aroma Cerutu dan Lem Jenggot

Robbie Coltrane dalam Kenangan Rupert Grint: Aroma Cerutu dan Lem Jenggot

MENGAYOMI, Robbie Coltrane (dua dari kiri), berfoto bersama sutradara Alfonso Cuaron (kiri), Daniel Radcliffe, Rupert Grint, Emma Watson, Alan Rickman, dan Chris Columbus dalam premiere Harry Potter and the Goblet of Fire pada November 2015. -Getty Images via Deadline-

LONDON, Harian Disway - Ungkapan duka terus mengalir buat Robbie Coltrane—sang pemeran Hagrid dalam Harry Potter, yang tutup usia pada Jumat, 14 Oktober 2022 lalu. Terutama dari bintang-bintang franchise film lansiran Warner Bros. tersebut. Mereka dekat dengan Coltrane selama 10 tahun menggarap delapan film bersamanya.

Bela sungkawa terakhir datang dari Rupert Grint, pemeran Ron Weasley. Ia mengaku patah hati mendengar berita kepergian Coltrane dalam usia 72 tahun. ’’Aku tidak akan pernah melupakan aroma cerutu dan lem jenggot, kombinasi yang mengagumkan. Tak ada orang lain di planet ini yang bisa memerankan Hagrid. Hanya Robbie,’’ tulisnya dalam unggahan di Instagram.

Ia menuliskan itu di bawah foto Coltrane—dalam kostum Hagrid—sedang duduk di depan gubuk batunya yang berbentuk segi lima, dengan atap limas. Hagrid tampak sedang memainkan seruling. Konon ia main musik untuk meninabobokan Fluffy, anjing berkepala tiganya yang mengerikan.

’’Sebagaimana Hagrid di buku dan film, Robbie yang asli juga sebaik itu. Ia hangat, penuh kasih sayang, dan sangat lucu,’’ tulis Grint. ’’Seorang pria berhati raksasa, yang masih sering menanyakan kabar kami, bahkan setelah berdekade-dekade kemudian. Sampai jumpa di lain kesempatan, Bobser,’’ imbuhnya, membubuhkan nama panggilan kesayangan buat Coltrane.

Seperti diberitakan, Robbie Coltrane meninggal dunia Jumat lalu. Kabar itu disampaikan agen sekaligus sahabat Coltrane, Belinda Wright, Sabtu dini hari, 15 Oktober 2022 WIB. Wright tidak mengungkap penyebab meninggalnya Coltrane. Namun, menurut Deadline, sudah dua tahun lamanya aktor kelahiran Rutherglen, Skotlandia, itu menderita sakit.

Ia meninggal di rumah sakit Fourth Valley Royal, Labert, dekat tempat tinggalnya saat ini. Coltrane meninggalkan dua orang anak, Spencer, 30, dan Alice, 24.

Terlahir sebagai Anthony Robert McMillan pada 30 Maret 1950, Coltrane tertarik dengan seni sejak SMA. Setelah tamat SMP, ia bergabung di Glasgow School of Art. Sebuah akademi seni kalangan atas di ibu kota Skotlandia. Ketika berusia 20 tahun, ia jatuh cinta pada akting. Ia bergabung dalam kelompok teater. Dan mulai menggunakan nama panggung Coltrane. Sebagai tribute buat pemain saxophone yang ia hormati, John Coltrane.

Selain membintangi delapan film Harry Potter, Coltrane juga dikenal berkat karya-karyanya yang lain. Antara lain Ocean’s Twelve (2004), serta dua film James Bond era Pierce Brosnan. Yakni GoldenEye (1995) serta The World is Not Enough (1999). Selama karier yang membentang dalam empat dekade, ia bermain dalam total 114 film serta serial. (*)

Sumber: people.com