Masa Kecil Dipukuli, Kondisi Pembunuh Meringis

Masa Kecil Dipukuli, Kondisi Pembunuh Meringis

-Ilustrasi: Reza Alfian Maulana-Harian Disway-

Tersangka pembunuh, Christian Rudolf Tobing, 36, punya trauma. ”Waktu kecil dipukuli orang tua,” kata Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi kepada pers Sabtu, 22 Oktober 2022. Kasihan. Warning kita semua.

ITU hasil tes psikologis oleh tim ahli Polda Metro Jaya. Rudolf tidak gila. Tetapi, punya trauma masa kecil.

Kombes Hengki: ”Untuk pemeriksaan psikologis sudah dilakukan tim psikologi Polda Metro Jaya, hasil sementara pemeriksaan baru disampaikan kepada kami. Bahwa pelaku mempunyai trauma masa kecil.” 

Maksudnya trauma, ya... itu tadi: Sering dipukuli ortu. Tapi, tidak diperinci, kualitas dan kuantitasnya. Demi etika. Pernyataan itu bisa sebagai peringatan bagi para ortu dalam mendidik anak-anak.

Akibatnya, emosi Rudolf gampang meledak-ledak. Dalam kasus itu, ia berteman dengan tiga orang. Ade Yunia Rizabani alias Icha, 36, serta dua pria, berinisial H dan S.

Rudolf mengaku ke penyidik, semuala dirinya niat membunuh H. Tapi, H berada di Semarang dan Rudolf kesulitan melacak. Sementara itu, S berada di Bali, juga sulit dilacak Rudolf. 

Maka, ia membunuh Icha, Senin, 17 Oktober 2022, di Apartemen Green, Jalan Pramuka, Jakarta Timur. Dicekik. Mayatnya dibungkus plastik hitam, dimasukkan troli, didorong masuk lift,   akhirnya dibuang ke kolong tol Becakayu, Jalan Kalimalang, Bekasi.

Saat mendorong troli isi mayat di lift itulah, Rudolf meringis ke kamera CCTV. Ia tidak menyesal. Kepada polisi ia malah mengaku: Happy. Bahkan, ia mengaku berniat membunuh H dan S (belum sempat dilakukan).

Ia ditangkap polisi, Selasa, 18 Oktober 2022, di Pondok Gede, Bekasi, ketika hendak menjual laptop milik Icha. 

Pemarah meledak-ledak. Tidak menyesal. Malah happy. Dengan trauma di masa kecil.

Hervey Cleckley dalam bukunya, Mask of Sanity (1941) menyebutkan, pembunuh yang punya emosi meledak-ledak tidak menyesali pembunuhannya, punya trauma masa kecil, digolongkan sebagai sosiopat. Atau psikopat. 

Dua jenis gangguan jiwa itu sebelas-dua belas. Semacam kakak-adik, tapi tidak sama. Walaupun mirip.

Hervey Cleckley adalah dokter jiwa Amerika Serikat (AS), lahir 1903, meninggal 1984. Cleckley adalah pelopor penelitian ilmiah psikologi, fokus pada psikopati. Istilah psikopat kali pertama digunakan psikolog dan kriminolog, bersumber dari buku Cleckley: Mask of Sanity.

Psikopati menjadi dasar dari kriteria selanjutnya, yang digunakan dalam berbagai klasifikasi, yang kemudian dikembangkan psikolog dan kriminolog. Kemudian, disebut DSM (diagnostic and statistical manual of mental disorders). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: