Pemkot Surabaya Libatkan Warga di Parade Juang

Pemkot Surabaya Libatkan Warga di Parade Juang

Veteran berpawai memakai jip antik pada Parade Juang 2021.-Julian Romadhon-Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Dua tahun terakhir, pawai yang digelar untuk menyambut Hari Pahlawan itu ditiadakan karena pandemi Covid-19. Namun kerinduan masyarakat bakal terobati. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali gelar Parade Surabaya Juang, Minggu, 6 Oktober 2022. 

 

Perhelatan tahun ini akan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Warga akan diikutsertakan dalam pawai itu. Syaratnya harus mengenakan pakaian bertema pejuang yang bukan kaos atau baju loreng.

 

“Antusiasme warga begitu tinggi. Total 290 warga yang ikut mendaftar. Tapi karena keterbatasan tempat dan waktu sehingga kita batasi 100 orang,” ujar Kepala Disbudporapar Surabaya Herry Purwadi, Kamis, 3 November 2022.

 

Parade itu akan mulai dari Monumen Tugu Pahlawan dan berakhir di Balai Kota Surabaya. Iring-iringan pawai melibatkan drum band, sanggar tari, komunitas sepeda dan mobil kuno, hingga para veteran.

 

Selain itu, bakal ada pemandangan baru dari tahun-tahun sebelumnya. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Forkopimda Kota Surabaya akan menunggangi kuda. 

 

“Kami sudah siapkan 15 ekor kuda untuk rombongan itu. Di belakangnya diikuti para istri mereka yang menaiki Jeep Willys,” ungkap Herry.

 

Puncaknya ada di Hotel Majapahit. Di sana ada teatrikal pertempuran 10 November 1945 akan dipersembahkan oleh komunitas sejarah: Roodberg Surabaya dan Reenactor Indonesia.

 

Sebelumnya, para veteran akan menyerahkan bendera merah putih ke Wali Kota Surabaya untuk diserahkan kepada Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) sebagai tanda dimulainya penampilan teatrikal Parade Surabaya Juang.

 

“Paskibraka Kota Surabaya yang totalnya 100 orang yang akan mengawali tanda dibukanya parade. Pada tahun ini, drum band AAL pun bisa kembali bergabung dalam Parade Surabaya Juang,” lanjut Herry. 

 

Setelah memberikan penghormatan kepada Sang Saka Merah Putih, Wali Kota Eri Cahyadi akan membacakan puisi karya KH Mustofa Bisri. 

 

Perhelatan itu menjadi serangkaian pembuka menyambut Hari Pahlawan. Pemkot juga akan menyelenggarakan acara tabur bunga di empat makam pahlawan pada 9 November. Besok paginya, upacara akan dilakukan di Taman Surya Balai Kota Surabaya. (Yusuf Dwi)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: