Parade Juang Digelar Minggu Sore, Tak Lagi Pakai Jeep, Eri Cahyadi: Bakal Ada yang Beda dari Tahun Sebelumnya

Parade Juang Digelar Minggu Sore, Tak Lagi Pakai Jeep, Eri Cahyadi: Bakal Ada yang Beda dari Tahun Sebelumnya

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menunggang kuda saat Parade Juang di Surabaya, Minggu, 6 November 2022. -miftakhul Rozaq-Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAYParade Juang bakal digelar kembali. Tentu untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November. Pemkot Surabaya menyajikan konsep beda untuk tahun ini.

Khususnya untuk para peserta. Tidak lagi berkeliling menggunakan jeep seperti tahun sebelumnya. Tetapi, motor-motor klasik.

BACA JUGA:Puisi KH. Mustofa Bisri di Parade Juang 2022 Surabaya Bikin Merinding

BACA JUGA:Yang Unik-Unik daru Parade Juang (1): Tolak Perang dengan Kostum Perang

Pemkot Surabaya pun menggandeng komunitas pecinta motor klasik. “Jadi, yang ikut paradenya berbeda, motor klasik, motor tahun lama yang dibuat zaman perang dulu,” ungkap Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Jumat, 3 November 2023.


Veteran ikut dalam Parade Juang memperingati Hari Pahlawan di Surabaya, Minggu 6 November 2022. -Julian Romadhon-Harian Disway-

Tahun sebelumnya memang ada tank, jeep, dan kuda. Eri dan wakilnya, Armuji, sempat menunggang kuda. Baru tahun ini melibatkan motor. Entah bagaimana garangnya dua pemimpin itu bila mengendarai motor perang nanti.

“Setiap tahun kami ubah yang ikut parade,” tambah Eri. Parade Juang akan digelar pada Minggu, 5 November 2023. Mulai pukul 15.00 WIB. Rutenya dari Tugu Pahlawan hingga Balai Kota Surabaya

BACA JUGA:Pemkot Surabaya Libatkan Warga di Parade Juang

BACA JUGA:Festival Rujak Uleg Surabaya Masuk Karisma Event Nusantara Kemenparekraf


JEAN-LUC berada di tengah-tengah peserta Parade Juang peringatan Hari Pahlawan yang digelar 6 November 2022.-Ali Muchlison-

Eri pun mengajak warga Surabaya untuk menyaksikan langsung. Ikut meramaikan Parade Juang. Adapun aksi teatrikal bakal digelar di tiga titik. Yakni di Tugu Pahlawan, Siola, dan di depan Grahadi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan event Parade Juang ini telah didaftarkan untuk masuk ke dalam Kharisma Even Nusantara (KEN). Menyusul Festival Rujak Uleg Surabaya.

Tahun lalu, iring-iringan Parade Juang disambut antusiasme masyarakat. Mereka sudah memenuhi trotoar sejak pagi. Mulai Tugu Pahlawan hingga Balai Kota Surabaya. Teatrikal juga disuguhkan secara epik di beberapa titik. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: