Patjarmerah Plat L dengan Tema Parafrasa Bikin Gembira Patjarboekoe

Patjarmerah Plat L dengan Tema Parafrasa Bikin Gembira Patjarboekoe

Foto bareng setelah sesi obrolanpatjar bersama Henry Manampiring.--

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Gelaran festival literasi bertajuk patjarmerah yang digelar di Surabaya sejak 29 Oktober akhirnya berakhir kemarin, 6 November 2022. Festival yang digelar di Xperia Collaborative Space, AJBS, Surabaya itu sukses dengan menempatkan tema Parafrasa.

Menurut Denny Mizhar, koordinator patjarmerah Surabaya, pa-ra-fra-sa dipilih sebagai ikhtiar untuk menuturkan kembali semangat menciptakan akses literasi yang setara dan merata dengan cara-cara adaptif, kreatif, dan inklusif. 

Bahwa akses literasi yang setara dan merata adalah keadilan sosial bagi seluruh rakyat. ”Surabaya, rasanya, adalah titik mula yang tepat untuk memparafrasakan kembali semangat itu,” kata Denny Mizhar, pegiat penerbitan dan perbukuan dari Jawa Timur.

Selama sepakan, patjarmerah Surabaya telah mengajak telah banyak komunitas, pegiatan literasi, dan penulis di Surabaya, untuk berkolaborasi dan gotong royong dalam menggerakkan literasi.

Seperti yang diungkapkan penggagasnya, Windy Ariestanty, bahwa patjarliterasi yang meliputi penulis, kreator konten lintas bidang, kelompok baca, dan lain-lain telah menciptakan semua hal yang seru. 

”Yang bisa bikin para patjarboekoe, sebutan untuk pengunjung festival dan pasar buku, telah bergembira dan terhubung. Juga membuat kita satu sama lain saling menciptakan ruang untuk  belajar,” kata Windy.

Tentu saja itu juga karena puluhan ribu judul buku telah didatangkan ke Surabaya dari berbagai penerbitan di Indonesia. Banyak pilihan buku lawas dan baru dengan harga istimewa. 

Hingga buku-buku asing yang sukar didapat di toko buku lokal tergelar di ruang terbuka AJBS di Jalan Ratna  No 14, itu. ”Kami senan telah mengajak patjarboekoe Surabaya dan Jawa Timur bersenang-senang bersama di arena sirkus literasi keliling ini,” kata Denny. (Heti Palestina Yunani)

Sumber: