Ormawa Basket Universitas Anwar Medika Sidoarjo Ubah Minyak Jelantah Jadi Sabun Aromaterapi

Ormawa Basket Universitas Anwar Medika Sidoarjo Ubah Minyak Jelantah Jadi Sabun Aromaterapi

Mahasiswi Universitas Anwar Medika Sidoarjo di Desa Bogeminggir, Balongbendo, Sidoarjo.-Dok Universitas Anwar Medika-

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Mahasiswa Universitas Anwar Medika terjun ke Desa Bogempinggir, Balongbendo, Sidoarjo. Mereka memberikan pendampingan pengolahan limbah minyak jelantah menjadi sabun aroma terapi.

Program itu merupakan wujud Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) basket kampus yang terletak di Krian, Sidoarjo itu. “Limbah jelantah itu sangat melimpah, sayang selama ini lebih banyak dibuang langsung ke saluran,” ujar Ketua Tim PPK Ormawa Basket Erica Novia Putri.

Mahasiswi S1 Farmasi itu mengatakan, sabun yang digunakan memiliki nilai jual. Masyarakat bisa mendapat penghasilan tambahan. Sabun juga bisa digunakan sendiri di rumah makan, tempat kerja atau ruang publik lainnya.


Proses penyaringan minyak jelantah menjadi produk sabun.-Dok Universitas Anwar Medika-

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Anwar Medika Dr. apt. Iif Hanifa Nurrosyidah mengatakan bahwa limbah minyak jelantah jadi masalah lingkungan yang serius. Jika dibuang mengotori saluran air. “Sedangkan jika dipakai kembali bisa menimbulkan berbagai macam penyakit,” kata dosen pembimbing program itu. 

Produk yang dihasilkan dari olahan limbah minyak jelantah ini adalah produk sabun dan lilin aromaterapi yang diberi nama SAROPI. Kepala Desa Bogeminggir Suhartatik turut membantu menyebar luaskan program tersebut. Ibu-ibu PKK digerakkan.


Peralatan yang digunakan unuk mengolah jelantah menjadi sabun.-Dok Universitas Anwar Medika-

Kegiatan dimulai sejak Juli dan berakhir bulan ini. Selain pengolahan produk, mahasiswa juga mensosialisasikan bahaya mengonsumsi gorengan dari minyak jelantah. 

Jelantah dapat meningkatkan kolesterol karena kandungan asam lemak bebas. Kolesterol bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: