TKSK Gresik Bantu ODGJ dan Penyandang Disabilitas Berat Punya KTP

TKSK Gresik Bantu ODGJ dan Penyandang Disabilitas Berat Punya KTP

Tim TKSK Gresik dibantu dinas sosial dan dispendukcapil melakukan perekaman E-KTP ke rumah warga ODGJ. -TKSK Gresik-

GRESIK, HARIAN DISWAY - Puncak Harlah ke-13 Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) digelar di Desa Sekarkarung, Kecamatan Kebomas, Gresik, pada 11 November 2022. Salah satu kegiatannya adalah melaksanakan perekaman E-KTP bagi orang dengan gangguan jiawa (ODGJ) dan kaun disabilitas berat di Gresik. 

Total ada 17 orang yang melakukan perekaman E-KTP. Rinciannya, 11 orang ODGJ dan 6 orang penyandang disabilitas. Koordinator TKSK Gresik H. Sumangat mengatakan, dengan memiliki E-KTP, mereka bisa mengakses bantuan sosial seperti PKH dan bantuan sembako. Juga bisa mengakses layanan BPJS Kesehatan berupa program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). 


Koordinator TKSK H. Sumangat (kiri) penuh semangat menyerahkan bingkisan kepada warga. -TKSK Gresik-

"Kami melakukannya secara door-to-door ke rumah para ODGJ dan penyandang disabilitas berat. Ini sangat membantu sekali karena mereka selama ini memang tidak bisa ke mana-mana," kata Sumangat yang juga pentolan Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jatim itu.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gresik dr Ummi Khoiroh MKes menambahkan, kegiatan tersebut bisa menjadi contoh bagi pegiat sosial yang lain. Jarang ada kegiatan sosial yang menyasar ODGJ. Kegiatan tersebut memang didukung penuh oleh dinas sosial serta dinas kependudukan dan pencatatan sipil (dispendukcapil). (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: