Belanda! Juara Masih Jauh

Belanda! Juara Masih Jauh

TIMNAS Belanda selalu menampilkan permainan menarik dari waktu ke waktu. Kini mereka diuji di Qatar.--

Yang harus menjadi perhatian Van Gaal adalah bagaimana cara bermain ketika harus bertarung melawan para juara. Tidak ada keraguan bahwa kualitas skuad mereka cukup baik. Tetapi, melawan tim seperti Argentina dan Brasil, mereka jelas kalah pengalaman. Praktis, hanya Memphis, De Vrij, dan Daley Blind yang pernah memiliki caps Piala Dunia, sisanya adalah debutan di event empat tahunan itu.

Depay bahkan terindikasi bakal absen di laga perdana di Qatar melawan Senegal, Senin, 21 November 2022. Van Gaal mengatakan, Depay masih butuh waktu untuk kembali ke permainan terbaiknya dan tidak bisa langsung bermain melawan Kalidou Koulibaly dan kawan-kawan begitu saja setelah dinyatakan sembuh.

”Kami harus membangun kondisi terbaik Depay karena ia tidak bisa serta-merta langsung bermain,” tutur Van Gaal.

”Satu-satunya hal yang membuat saya menunggu Memphis adalah ia sosok penting di tim. Saya akan membuka tempat untuk Memphis,” tambahnya.

Keputusan Van Gaal menunggu penyerang Barcelona itu bukan tanpa alasan.

Striker kelahiran Moordrecht, Belanda, 28 tahun silam tersebut menjadi bintang di kualifikasi dengan 12 gol dan 6 assist. Hampir selalu tampil 90 menit, menegaskan Depay menjadi pemain kunci yang sulit tergantikan di lini serang bagi De Oranje.

Di level klub, musim ini Depay hanya bermain 131 menit dalam 3 laga yang dijalaninya di semua kompetisi. Total ia melewatkan 8 pertandingan La Liga bersama El Barca karena masalah paha.

Statistiknya jauh bila dibandingkan dengan musim lalu. Di La Liga 2021/2022, Depay berhasil menceploskan 12 gol dan 2 assist meski hanya berlaga 28 kali.

Saat kondisi bugar, Depay adalah tipe pemain yang cepat, kuat, dan berteknik. Ia tak jarang memaksa bek lawan untuk berduel satu lawan satu dengan memanfaatkan keterampilan olah bola dan kecepatannya. Berdasarkan statistik Soccerment, Depay mencatat 60 persen dribel sukses di La Liga 2021/2022. Ia bahkan berhasil memenangkan 40 persen duel udara meski hanya berpostur 176 cm.


PARA PEMAIN Belanda sudah berlatih intensif. Belanda punya kans lolos ke putaran knock out.--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: