Inggris Skuat Termahal di Piala Dunia 2022, Negara asal Keylor Navas Terkecil

Inggris Skuat Termahal di Piala Dunia 2022, Negara asal Keylor Navas Terkecil

Jude Bellingham pemain termahal. Nilai pemain Borussia Dortmund itu lebih mahal daripada nilai skuad lima tim terbawah. --

Di Benua Afrika, misalnya. Kampiun Afrika Senegal yang memiliki nilai tim GBP 275,8 juta, hampir seperempatnya adalah milik bintang mereka, Sadio Mane.

Senegal bersama Maroko menjadi tim termahal Afrika, disusul Ghana dan Kamerun. Tunisia menjadi delegasi Afrika paling ”murah” di Qatar, senilai GBP 49,96 juta, selisih GBP 225,84 juta dari Sadio Mane dan kawan-kawan.

Pusat kekuatan terbesar Amerika Selatan, yakni Brasil dan Argentina, mencetak GBP 1,93 miliar dari nilai Amerika Selatan sebesar GBP 2,6 miliar. Tetapi, untuk yang pertama setidaknya dalam dua turnamen terakhir, Lionel Messi bukan pemain dengan nilai tertinggi dari zona Conmebol.

Pemain termahal kedua setelah Vinicius Jr adalah rekan setimnya di Madrid, Federico Valverde. Ia menjadi pemain Uruguay yang paling berharga dengan nilai GBP 107,6 juta.

Pemain termahal Argentina ternyata bukan Messi. Adalah striker Inter Milan Lautaro Martinez yang menjadi bintang saat Nerazzuri –sebutan Inter– menjadi tim pertama yang memecahkan rekor sembilan gelar berturut-turut milik Juventus.

Dari Asia, striker Porto Mehdi Taremi (GBP17,54 juta) memiliki andil lebih dari nilai timnas Iran yang bernilai GBP 46,46 juta GBP.

Terlepas dari kualitas Son Heung-min yang telah memantapkan dirinya sebagai salah seorang pemain depan paling menonjol di EPL, timnas Korea Selatan hanya meraih GBP 139,6 juta, dengan 28,9 persen merupakan nilai milik penyerang Tottenham Hotspur itu.

Padahal, Korea Selatan juga memanggil pemain-pemain yang berlaga di liga top Eropa. Ada penyerang Wolverhampton Wanderes Hwang Hee-chan dan bek tengah Napoli Kim Min-ja. 

Ada juga pemain Freiburg Jeong Woo-yeong yang juga bergabung dengan Prajurit Taeguk –julukan timnas Korea– asuhan Paulo Bento. Namun, mereka hanya menduduki peringkat ke-26 dalam daftar tim paling berharga di turnamen. (Yuma Ivanda)

 

Skuad dan Pemain Paling Berharga di Piala Dunia 2022 Qatar Versi CIES Football Observatory

1. Inggris – GBP 1,305 miliar, Jude Bellingham – GBP 176,9 juta

2. Brasil – GBP 1,275 miliar, Vinicius Jr. – GBP 176,1 juta

3. Prancis – GBP 1,171 miliar, Kylian Mbappe – GBP 161,9 juta

4. Spanyol – GBP 1,072 miliar, Pedri GBP 138,3 juta

Sumber: