Pasuruan artikel

Inggris Skuat Termahal di Piala Dunia 2022, Negara asal Keylor Navas Terkecil

Inggris Skuat Termahal di Piala Dunia 2022, Negara asal Keylor Navas Terkecil

Jude Bellingham pemain termahal. Nilai pemain Borussia Dortmund itu lebih mahal daripada nilai skuad lima tim terbawah. --

QATAR, HARIAN DISWAY - Piala Dunia di Qatar akan menyajikan tontonan jajaran talenta sepak bola terbaik dan paling berharga di planet ini. Para pelatih siap mengadu strategi dengan persenjataan mahal yang mereka miliki.

Inggris, misalnya, memiliki skuad paling berharga di Piala Dunia dengan 1,3 miliar Great Brittain Ponsterling (GBP) atau setara Rp 24,23 triliun. Jude Bellingham menjadi pesepak bola termahal di Qatar. Menurut CIES Football Observatory, pilar Borussia Dortmund mencetak GBP 176,9 juta sendirian, 13,5 persen dari total nilai pasar skuad Inggris.

Hanya ada lima tim yang ditaksir bernilai tak kurang dari 1 miliar (GBP). Di bawah The Three Lions –julukan timnas Inggris– ada Brasil, Prancis, Spanyol, dan Portugal. Skuad Jerman ”hanya” bernilai GBP 892,9 juta dengan bintang muda Jamal Musiala yang ditaksir sebesar GBP 132,2 juta.

Benua Eropa mendominasi paruh atas daftar dengan 11 tim. Kampiun Copa America Argentina satu setrip di bawah Brasil menjadi tim termahal kedua dari Amerika Selatan dengan nilai skuad senilai GBP 654,9 juta, Amerika Serikat teratas untuk zona CONCACAF dengan GBP 319,6 juta dan Senegal memimpin Afrika dengan GBP 275,8 juta.

Kosta Rika menjadi negara dengan nilai tim terendah dalam kompetisi. Skuad mereka ditaksir hanya senilai GBP 20,16 juta. Bahkan, sekitar 20 persen dari nilai skuad mereka yang dibuat oleh kiper Paris Saint-Germain Keylor Navas. Tuan rumah Qatar menduduki urutan kedua dari bawah dengan nilai GBP 25,42 juta.

Nilai keseluruhan dari 32 tim dalam kompetisi diperkirakan sekitar GBP 13,13 miliar oleh CIES.

Memang, nilai taksiran tak serta-merta memengaruhi kondisi di atas lapangan. Tapi, pendukung The Three Lions pantas PD dengan komposisi mewah yang akan diracik Pelatih Kepala Gareth Southgate.

Dengan sejumlah bintang yang dimilikinya, seperti Harry Kane, Raheem Sterling, Declan Rice, Bukayo Saka, Phil Foden, dan tentu saja Bellingham, Southgate pasti akan menurunkan starting line-up dengan nilai pasar yang fantastis terlepas dari siapa pun 11 pemain yang ia pilih.

Bellingham saja bernilai lebih mahal daripada gabungan lima tim terbawah dalam daftar. Nilai itu tak lepas dari penampilan luar biasa yang secara konsisten ia tunjukkan kendati usianya masih 19 tahun.

Tepat di belakang Inggris, Brasil berada di pos kedua dengan nilai tim GBP 1,275 miliar. Sebab, hampir seluruh pemain Brasil merumput di liga papan atas.

Winger Real Madrid Vinicius Jr. menjadi pemain termahal Brasil sekaligus zona Amerika Selatan dengan nilai GBP 176,1 juta, selisih sedikit dari Bellingham.

Karena disparitas (kesenjangan) di antara enam konferensi sepak bola, tidak heran jika tim Eropa masih menguasai daftar teratas.

Eropa adalah rumah bagi sepak bola. Sepak bola Benua Biru masih menjadi basis bagi klub-klub terhebat di kolong langit, dengan klub-klub seperti Barcelona, Real Madrid, PSG, dan Manchester United yang memanfaatkan basis penggemar global mereka dengan sangat baik dalam beberapa tahun terakhir.

Karena ketimpangan itu, banyak tim peringkat bawah yang sebagian besar nilai pasarnya dipegang satu pemain. 

Sumber: