Di Grand Final Koci Jatim 2022, Indah Kurnia Pun Nyanyikan Lagu Mandarin

Di Grand Final Koci Jatim 2022, Indah Kurnia Pun Nyanyikan Lagu Mandarin

ANGGOTA DPR RI Indah Kurnia menyanyikan lagu Mandarin di grand final Koci Jatim 2022 di Graha Unesa, Sabtu malam, 26 November 2022.-Nadine Churnia Putri-Harian Disway-

SURABAYA, Harian Disway – Grand final Koci Jatim 2022 di Graha Unesa Surabaya, Sabtu, 26 November 2022, benar-benar didesain menjadi pesta akulturasi budaya. Berbagai hiburan ditampilkan. Dan semuanya memiliki unsur budaya Nusantara. Mulai dari tarian, lagu, dan penampilan jurus-jurus wushu.   

Anggota DPR RI Indah Kurnia bahkan ’’ditodong’’ di tempat untuk menyanyikan lagu. ’’Saya tadi sampai nanya dulu sama Pak Dahlan (Iskan, Red). Enaknya lagu Indonesia apa Mandarin. Pak Dahlan menyarankan lagu Mandarin,’’ tutur mantan manajer Persebaya itu. Indah pun melantunkan lagu balada klasik dengan suara lembut mendayu.

Sebelum Indah, pentas sudah dibuka oleh penampilan kelompok Barongsai Ksatria. Pertunjukan barongsai kerap digunakan untuk membuka acara-acara besar. Tradisi Tionghoa percaya bahwa barongsai dapat menyingkirkan energi negatif ketika dimainkan di suatu tempat.

Malam itu, lima barongsai yang dibawa merepresentasikan lima unsur dalam ilmu fengshui Tiongkok. Yakni ungu, merah, kuning, pink, dan orange. ’’Sekaligus sebagai representasi dari keragaman warna dari kebudayaan Nusantara,’’ ujar Kevin Christian, koordinator kelompok Barongsai Ksatria. Atraksi mereka mengundang decak kagum para pengunjung.


LIMA BARONGSAI membuka seremoni grand final Koci Jatim 2022.-Boy Slamet-Harian Disway-

Setelah itu, giliran kelompok tari Refinite menampilkan tarian tradisional Tiongkok. Para penarinya mengenakan busana dengan warna gemerlap. Dominan hijau dengan bagian bawah berumbai. Sedangkan penari utamanya mengenakan rok panjang berwarna-warni. Ketika menari rok itu membiaskan warna pelangi yang begitu cantik.

’’Tarian ini berkaitan dengan sejarah etnis Yi di Tiongkok, yang tinggal di daerah Yunan,’’ ungkap Jeffrey Hendrawan, MC grand final Koci Jatim 2022. ’’Menggambarkan suasana gembira masyarakat Yi. Dimainkan dengan tarian serta nyanyian bersahut-sahutan,’’ ujarnya.

Penampil lain adalah Koko Robert Sie Narta. Alumni Koci Jatim 2021 tersebut menampilkan gerakan wushu dengan tangan kosong dan pedang. Koko Robert merupakan atlet wushu. Ia pernah mendapat medali emas Kejuaraan Nasional Piala Presiden pada 2018.

Penampil selanjutnya adalah Ci Ling Ling dengan tim senam Dahlan Iskan. Dia membawakan lagu-lagu populer dan diiringi dengan senam. Founder Harian Disway, Dahlan Iskan, dan Direktur Keuangan Harian Disway Annie Wong turut bersenam pula di atas panggung.

Grand final Koci Jatim 2022 telah menghasilkan para juara. Yakni Koko Renhard Sidik dan Cici Sherly Angelina. Mereka bakal menjabat selama setahun ke depan. (*)

Sumber: