Kapolri: Nama Pelaku Bom Bunuh Diri Agus Sujanto, Baru Keluar Bui Kasus Bom Cicendo

Kapolri: Nama Pelaku Bom Bunuh Diri Agus Sujanto, Baru Keluar Bui Kasus Bom Cicendo

Kapolri Listyo Sigit Prabowo -Humas Polri-

BANDUNG, HARIAN DISWAY - Nama pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar terungkap. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan jajarannya berhasil mengantongi identitas dan jaringan pelaku tak lama setelah kejadian.

"(Tim) Identik menyebutkan identitas pelaku adalah Agus Sujatno atau biasa dikenal dengan Agus Muslim. Yang bersangkutan pernah ditangkap karena peristiwa Bom Cicendo dan sempat dihukum 4 tahun. September atau Oktober 2021 yang lalu yang bersangkutan bebas," kata Sigit.

Lima tahun lalu terjadi ledakan bom panci di Jalan Krisna, Kelurahan Arjuna, Kecamatan Cicendo. Peristiwa itu terjadi Senin, 27 februari 2017 pukul 08.15 WIB.

"Pelaku terafiliasi dengan JAD Bandung atau JAD Jawa Barat," kata Kapolri dalam keterangan pers di Bandung usai kejadian.


Seorang anggota Polisi terluka akibat bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung, Rabu 7 Desember 2022. - Humas Polda Jabar-

Kapolri mengatakan, identitas diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan sidik jari dan face recognition. Dari sanalah polisi mengetahui bahwa pelaku juga terlibat di aksi teror Cicendo 2017.

Sebelumnya sempat beredar kabar bahwa pelaku adalah mantan napi teroris asal Bandung bernama Nurdin. 

Lurah Kebon Jayanti, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung, Abdul Manaf langsung membuat video klarifikasi. Ia mengatakan bahwa Nurdin memang mantan teroris, namun ia tak ada kaitannya dengan teror di Astana Anyar. 

"Memang warga kami di Kebon Jayanti pernah tersangkut kasus teroris. Namun bukan Nurdin yang tersebar di media sosial," katanya melalui video. 

Istri Nurdin, Yosy mengaku kaget. Sebab sang suami sedang menjalani kegiatan dengan Densus 88. "Suami saya ada di Ciasem Subang. Sedang ada pelatihan dan pembinaan dari Densus," kata Yosy.  (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: