ChengYu Pilihan Owner Optik Internasional Linggarjanto Budi Oetomo: Shi Zai Ren Wei

ChengYu Pilihan Owner Optik Internasional Linggarjanto Budi Oetomo: Shi Zai Ren Wei

Cheng Yu Linggarjanto Budi Oetomo:--

PEDOMAN hidup Linggarjanto Budi Oetomo singkat, padat, dan jelas. "I can because I believe I can," kata founder dan owner jaringan toko kacamata Optik Internasional tersebut. Ia mungkin pembaca kitab historis Wuyue Chunqiu (吴越春秋) yang ditulis Zhao Ye 赵晔, sejarawan-cum-sastrawan Dinasti Han Timur. Di dalamnya, ada satu kisah yang kemudian disadur menjadi pepatah yang banyak menginspirasi orang. Bunyinya: "事在人为" (shì zài rén wéi). Terjemahan bebasnya: segala sesuatu terjadi seperti apa yang diyakini oleh diri sendiri.

Memang, juga ada yang sepemikiran dengan yang dinyatakan Zhuge Liang 诸葛亮 dalam bab 30 roman klasik Sam Kok ini: "谋事在人, 成事在天, 不可强也" (móu shì zài rén, chéng shì zài tiān, bù kě qiáng yě). Yang artinya kira-kira: manusia yang mengusahakan, tapi Tuhan yang menentukan; dan apapun hasilnya, tak bisa diperkarakan.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Chairman National Hospital Ang Kok Bin: Sheng Fan Cong Jian

Namun, kita tahu, Zhuge Liang sampai pada pemikiran demikian setelah sebelumnya berusaha mati-matian. Bukan pasif menerima tanpa melakukan apa-apa. 

Berarti, sikap pasrah baru boleh diambil, kalau sesudah berikhtiar sekuat tenaga, ekspektasi ternyata tetap tak sesuai dengan realita. Sebelum itu, supaya semangat terus membara, agaknya tak ada salahnya kita memercayai adagium yang ditulis dalam I Chou shu (逸周书), "人定胜天" (rén dìng shèng tiān): manusia pasti bisa mengalahkan nasibnya.

Masalahnya, bagaimana cara menaklukkan takdir? Amsal 14:23 menyarankan kita untuk talk less do more. Pasalnya, "Dalam tiap jerih payah ada keuntungan, tetapi kata-kata belaka mendatangkan kekurangan saja." Persis yang ditegaskan peribahasa, "空言无补" (kōng yán wú bǔ): omong kosong tak akan ada gunanya.

Ratusan outlet Optik Internasional yang tersebar di seluruh Indonesia, ditambah dengan bisnis perhotelan yang belakangan mulai digeluti Linggar, didapat dengan kerja nyata, bukan kata-kata. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: