Bos McLaren: Pembatasan Budget F1 Tutup Pintu Inovasi

Bos McLaren: Pembatasan Budget F1 Tutup Pintu Inovasi

Zak Brown, CEO McLaren tanggapi aturan ketat budget cap. sumber: motorsport.com--https://cdn-7.motorsport.com/images/mgl/254gRAM0/s8/zak-brown-ceo-mclaren-racing-1.jpg

Aturan budget cap atau batasan pengeluaran tim Formula 1 (F1) berlaku sejak 2021 untuk menyamaratakan kedudukan antar tim.  Sekaligus memastikan bahwa tim-tim F1 dengan pengeluaran yang fantastis tidak cuma bakar duit.

Aturan tersebut dikritik habis-habisan oleh CEO McLaren, Zak Brown. Menurutnya, F1 harus membebaskan aturan teknis atas kemunculan budget cap. Sebab, dengan aturan yang berjalan selama ini, ia menganggap banyak hal harus dibenahi. Ini bertujuan untuk membebaskan inovasi dalam aturan teknis.

Dengan tidak adanya potensi war spending yang terjadi, petinggi F1 tidak seharusnya memberikan regulasi yang ketat terhadap aturan yang lain. “Aku pikir kami terlalu banyak diatur. Apalagi (aturan ini) dibawah budget cap,” Kata Brown dilansir motorsport.

“Jika anda memiliki budget cap, maka aku akan menggunakan jalan lain: yaitu dengan melakukan apa yang anda mau. Jika anda ingin memiliki enam roda, maka dapatkanlah enam roda. Tetapi hal ini tergantung berapa banyak (uang) yang harus anda keluarkan,” lanjut Brown.

Memberikan tim di grid untuk mendapatkan lebih banyak kebebasan, termasuk inovasi yang tidak biasa secara tidak langsung, akan mendorong ide baru dalam perkembangan mobil. Sehingga dipastikan ada perbedaan yang mencolok di setiap mobil.

“Aku tidak tahu kenapa harus seketat itu regulasinya. Kalau anda mendapatkan budget cap, maka seharusnya ada lebih banyak kebebasan teknis. Karena keberadaan budget cap itu sendiri,” ujar bos McLaren itu.

Kebebasan itu akan membuat banyak tim jet darat  berinovasi dan lebih berani untuk mengambil risiko. Mobil-mobil yang dikembangkan pun akan terlihat berbeda.

Dari kondisi itu Brown mengungkapkan dua opsi yang bisa dilakukan F1. Pertama membuat semuanya harus terlihat persis dan semua tim tidak dapat membelanjakan lebih dari aturan yang ditetapkan. Lalu yang kedua hentikan pengeluaran dan lakukan apapun yang tim inginkan.

Pihak F1 dan FIA sudah sepakat satu suara dan memberikan argumentasi yang jelas. Bahwa salah satu alasan aturan teknis ini diberlakukan dengan ketat agar tim tidak merancang mobil sembarangan. Yang mana bertujuan untuk merugikan balapan.

Ketika ditanya apakah gagasannya itu dapat membahayakan dan merusak tontonan F1, Brown tidak mengelak kemungkinan tersebut. Lagi-lagi ia menyebutkan bahwa rencana itu akan menghasilkan inovasi. Dan membuat tim-tim lain saling belajar dan bersaing satu sama lain.

“Sama halnya seperti Brown (sekarang Mercedes) membuat diffuser ganda (pada 2009 silam). Mereka dapat memulai inovasi itu dengan baik, namun di akhir tahun semua tim seimbang. Jadi aku pikir anda bisa melakukanya agar menjadi bagian menarik dari olahraga ini. tapi pasti ada risikonya,” tandas Brown. (Affan Fauzan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: