TikTok Jelaskan Cara Kerja FYP Usai Dicurigai AS Soal Propaganda Tiongkok

TikTok Jelaskan Cara Kerja FYP Usai Dicurigai AS Soal Propaganda Tiongkok

Video-video Intan Lembata yang sering muncul di FYP TikTok.-TikTok-

CALIFORNIA, HARIAN DISWAY - Amerika Serikat (AS) selalu menuding bahwa algoritma TikTok dimanipulasi untuk propaganda Tiongkok ke seluruh dunia. Lebih spesifik lagi propaganda geopolitik Tiongkok ke AS

AS menuding rekomendasi video For Your Page (FYP) TikTok telah dimanipulasi. Tudingan bertubi-tubi itu membuat manajemen TikTok angkat bicara.

"Fitur ini adalah salah satu dari banyak cara yang dilakukan menghadirkan transparansi yang berarti bagi orang-orang yang menggunakan platform kami dan membangun beberapa langkah yang telah kami ambil untuk mencapai tujuan tersebut," kata manajemen Tiktok seperti dikutip dari Android Headlines, Kamis, 22 Desember 2022

Pengguna bisa mengunggah video dengan mengetuk panel share atau bagikan. Setelahnya klik ikon tanda tanya dengan label "Why this video?" (Mengapa video ini?). 

Nah, begitulah langkah TikTok agar FYP tidak dicurigai terus. TikTok akan membagikan daftar faktor apa saja yang membuat video itu direkomendasikan.

Tiktok juga menjelaskan perusahaan akan memperluas penggunaan fitur itu. Dengan begitu, informasi rinci dan transparan diharapkan dapat membuat pengguna lebih aman.

"Ke depan, kami akan terus memperluas fitur ini untuk menghadirkan lebih banyak perincian dan transparansi pada rekomendasi konten," kata Tiktok.

Juru bicara Tiktok menjelaskan fitur versi berikutnya mempertimbangkan sejumlah faktor lain, seperti pengaturan akun individu yang dapat mempengaruhi algoritma aplikasi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: