Perjalanan Paus Benediktus XVI, Sejak Lahir di Jerman hingga Pengunduran Diri 2013

Perjalanan Paus Benediktus XVI, Sejak Lahir di Jerman hingga Pengunduran Diri 2013

Paus Bediktus XVI di Porto, Portugal pada 2010.-AP Photo-

VATIKAN, HARIAN DISWAY - Dentangan Bel merebak ke seluruh penjuru Kota Vatikan, Sabtu Pagi, 31 Desember 2022. Suara lonceng itu diikuti dengan kabar duka: Paus Benediktus XVI telah tiada.

Paus asal Jerman itu menghembuskan napas terakhir di kediamannya, di sebuah biara di Vatikan. Di Biara Mater Ecclesiae itulah Benediktus tinggal sejak mengundurkan diri sebagai Paus pada 2013 atas alasan kesehatan. Ia menjadi Paus pertama yang mundur dalam kurun waktu 600 tahun. 


Foto masa kecil hingga remaja Josef Ratzinger yang kelak menjadi Paus Benediktus XVI pada 2005.-catoliscopio-

Paus Benediktus lahir dengan nama Joseph Aloisius Ratzinger pada 16 April 1927 di Marktl, Bayern, Jerman.

Ia bungsu dari tiga bersaudara dari pasangan Joseph Ratzinger Sr., seorang petugas polisi, dan istrinya Maria.

Dilansir dari International Herald Tribune, Erika Kopper, sepupu Paus Benediktus XVI mengatakah bahwa sejak kecil Ratzinger tak punya keinginan, selain menjadi pendeta. Tepat di usia 15 tahun, ia membulatkan niatnya untuk menjadi seorang uskup, lalu dia dengan bercanda berkomentar: "Dan mengapa bukan Paus?".

 

Perkataan itu terwujud pada 2005. Ratzinger dilantik sebagai Paus Benediktus XVI memimpin umat Katolik dunia sejak 19 April 2005 untuk menggantikan John Paul II, yang telah menjabat selama 27 tahun. 

Pemilihannya digelar dalam sidang Konklaf Kepausan usai pemakaman John Paul II. Sidang itu dihadiri oleh 115 kardinal yang memiliki hak suara. Hasilnya Benediktus terpilih sebagai Paus ke- 265 Gereja Katolik Roma.

Benediktus dianggap sebagai seorang tradisionalis yang ketat terhadap prinsip-prinsip Kepausan. Lebih konservatif. 

Ia adalah seorang pengkritik homoseksualitas, pernikahan sejenis, euthanasia, dan aborsi.


Paus Benediktus XVI di Lapangan Santo Petrus, Roma, 2010.-Republic of Poland Gov-

Usianya kala itu sudah 78 tahun. Karena itulah ia mendapat predikat Paus tertua yang dilantik dalam 275 tahun terakhir sejak Paus Klemens XII (yang terpilih pada tahun 1730 pada umur 3 bulan lebih tua dari Ratzinger).

Ia juga menjadi Paus berdarah Jerman pertama sejak Paus Adrianus VI (1522-1523) yang dilahirkan di wilayah bagian Jerman Kuno yang sekarang menjadi bagian dari negara Belanda.

Paus lainnya yang berasal dari Jerman adalah Paus Viktor II yang meninggal pada tahun 1057. 

Sementara itu Paus terakhir dengan nama Benediktus XV bertugas pada 1914-1922 saat Perang Dunia I meletus.

Pada 11 Februari 2013, Benediktus XVI mengumumkan pengunduran dirinya karena alasan kesehatan dalam rapat kardinal rutin. Banyak yang terkejut dengan keputusan itu hingga akhirnya disetujui pada 28 Februari 2013.

Ia merupakan Paus ketiga yang mengundurkan diri dari sejarah Kepausan Katolik Roma. Paus pertama yang mengundurkan diri adalah Paus Selestinus V pada tahun 1294 lalu Paus Gregorius XII pada 1415.

Paus Benediktus XVI mengumumkan pengunduran dirinya dalam sebuah pertemuan rutin para kardinal. Banyak yang terkejut dengan apa yang disampaikannya dan mencernanya hingga berita benar-benar tersiar.


Gereja St Peter’s di Basilica.-Pinterest-

Vatikan mengumumkan jenazah Paus Benediktus XVI akan disemayamkan di Gereja St Peter’s di Basilica pada Senin, 2 Januari 2023.  Upacara pemakaman berlangsung tiga hari kemudian pada 5 Januari 2023. Dipimpin langsung oleh Paus Fransiskus. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: