Anies Beri Kuliah Tamu di “Hogwarts” Harry Potter Usai Dilantik Jadi Anggota Dewan Oxford University

Anies Beri Kuliah Tamu di “Hogwarts” Harry Potter Usai Dilantik Jadi Anggota Dewan Oxford University

Anies Baswedan saat memberikan kuliah tamu di Oxford University, Jumat 13 Januari 2023.-Twitter @aniesbaswedan-

OXFORD, HARIAN DISWAY - Anies Baswedan diangkat menjadi anggota dewan atau board member Oxford University,13 Januari 2023. Ia sempat memberikan kuliah tamu di "Hogwarts".

 

Hogwarts adalah setting utama untuk enam buku pertama serial Harry Potter karya J. K. Rowling. Salah satu lokasi syutingnya ada di gedung Divinity School di kompleks Oxford, tempat Anies mengisi kuliah tamu.

 

"Menuju ruangan ini, ada selasar panjang yang dijadikan lokasi pengambilan gambar pada film Harry Potter," kata Anies.

 

Nuansa klasik kampus dengan usia hampir seabad itu terasa begitu magis.

 

Anies merasa terhormat bisa memberikan kuliah tamu di ruang Divinity School of Oxford itu. Bahkan, sebagian besar dosen dan mahasiswa Oxford yang ikut kuliah tamunya baru pertama kali masuk ke sana. 

 

"Sebuah kehormatan diundang memberikan kuliah tamu di salah satu universitas terlama di dunia, dan mereka sengaja selenggarakan kuliah tamu ini di sebuah lokasi yang amat prestisius," lanjut mantan Mendikbud RI itu.


Anies Baswedan saat memberikan kuliah umum di Oxford.-Twitter @aniesbaswedan-

 

Divinity School merupakan bangunan dan ruangan abad pertengahan. Dibangun pada 1427-1483 dengan desain William Orchard. Gedung ikonik itu termasuk bangunan tertua di Oxford.

 

Dulu, bangunan itu dipakai untuk ujian lisan, dan diskusi tentang teologi. Kini Oxford menggunakannya untuk kegiatan seremonial dan penting. 

 

Sementara itu Oxford merupakan salah satu universitas tertua di dunia yang didirikan tahun 1096. Masih kalah tua dengan Universitas Bologna yang berdiri pada 1088.

 

Ada juga Universitas Al Azhar di Mesir yang didirikan pada 970 di Mesir. 

 

Oxford mendapat predikat Universitas berbahasa Inggris tertua di dunia. Banyak sekali kontribusi Oxford di bidang riset dan pengembangan ilmu pengetahuan dunia. 

 

Anies diangkat sebagai Anggota Dewan Pengarah dan Pendiri Institute for ASEAN Studies sebagai bagian dari Oxford School of Global and Area Studies. 

 

Itu juga sejarah baru. Institute for ASEAN Studies baru ada di 2023.

 

"Beberapa waktu yang lalu mereka mengundang untuk menjadi anggota Dewan Pendiri dan Dewan Pengarah pada Institute yang baru ini. (Founding Member & Board Member of The Institute for ASEAN Studies). Kami sampaikan bersedia dengan harapan bisa membawa pengalaman Indonesia dan ASEAN ke gelanggang dunia," lanjut Anies pada unggahan di Facebook, Sabtu, 14 Januari 2023.

 


Kunjungan Anies di Oxford Inggris.-Twitter @aniesbaswedan-

 

Ia menjadi orang Indonesia pertama yang dilantik menjadi anggota sebuah dewan di Universitas Oxford. Sebelumnya sudah ada perwakilan dari India, Tiongkok, Jepang, Singapura dan Malaysia. 

 

"Sore tadi dilakukan sebuah upacara singkat untuk meresmikan pengangkatan sebagai anggota dewan pendiri dan dewan pengarah yang prosesinya dipimpin oleh Prof Timothy Powers. Sungguh sebuah kehormatan diangkat menjadi board di sebuah kampus terkemuka dan salah satu yang tertua di dunia," ungkapnya 

 

Lokasi pelantikan juga sangat ikonik.  Yakni ruangan yang dulunya digunakan sebagai kantor penerbit Oxford sejak era tahun 1500-an.  

 

"Di ruangan inilah lokasi penyusunan Oxford Dictionary, kamus bahasa inggris tertua. Semua kayu di dinding, meja, kursi dan kondisi ruangan dipertahankan sesuai kondisi aslinya," ujar calon presiden RI yang diusung oleh Nasdem itu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: