Ajudan Sambo Dituntut 8 Tahun, JPU Ungkap Peran Bripka RR

Ajudan Sambo Dituntut 8 Tahun, JPU Ungkap Peran Bripka RR

Bripka R atau Ricky Rizal dituntut 8 tahun penjara karena sikapnya dianggap turut menghendaki kematian Yosua.-Istimewa-TV Polri

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Bripka Rizky Rizal Wibowo dituntut 8 tahun oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) atas kasus pembunuhan Brigadir J. Hukumannya sama dengan Kuat Ma’ruf yang merupakan supir Ferdy Sambo.

Tuntutan itu dibacakan JPU dalam sidang pembacaan tuntutan di PN Jakarta Selatan, Senin, 16 Januari 2023. 

Ricky Rizal adalah satu dari lima terdakwa di kasus Ferdy Sambo. Selain keduanya Putri Candrawati, Richard Eliezer atau Bharada E, dan Kuat Ma’ruf juga jadi terdakwa kasus pembunuhan di Kompleks Polri Duren Tiga pada hari Jumat tanggal 8 Juli 2022.

Ada persamaan kehendak antara Ricky dan Sambo untuk menembak Yosua. Selain itu, sikap tersebut dibuktikan dengan hadirnya Ricky di rumah Duren Tiga saat penembakan Yosua terjadi.

"Sehingga sikap tidak membantah dan menolak tersebut menunjukkan bukti yang kuat adanya persamaan kehendak antara terdakwa Ricky Rizal Wibowo, bersama-sama dengan saksi Ferdy Sambo, Putri Candrawati, dan saksi Kuat Ma'ruf untuk merampas nyawa korban Nopriansyah Yosua Hutabarat,” jelas JPU, Senin 16 Januari 2023.


Rekontruksi pembunuhan Brigadir j di rumah dinas Ferdy Sambo, Jalan Duren Tiga Komplek Polri Jakarta Selatan-m.ichsan-

“Perwujudannya nanti akan dilaksanakan oleh terdakwa Ricky Rizal Wibowo dalam bentuk hadirnya terdakwa untuk melakukan pem-backup-an," tambah JPU.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Ricky Rizal Wibowo dengan pidana penjara selama 8 tahun dikurangi selama terdakwa menjalani tahanan sementara dengan perintah terdakwa tetap ditahan,” lanjutnya.

Diketahui, dalam perkara tersebut, Ricky Rizal Wibowo didakwa melanggar Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP juncto Pasal 56 ke-1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Bripka Rizky Rizal merupakan ajudan Ferdy Sambo. Jaksa menyebut Bripka Ricky berperan mengawasi Brigadir Yosua agar tidak melarikan diri sebelum pembunuhan itu dilakukan.

Sebelumnya, Rizky Rizal memohon majelis hakim agar dirinya dinyatakan tidak bersalah. Sebab dalam kasus itu, ia melakukannya dalam tekanan Sambo. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: