PLN Bangun Infrastruktur Kelistrikan di Klaten

PLN Bangun Infrastruktur Kelistrikan di Klaten

PERWAKILAN PLN UIB JBTB saat menjelaskan kepada Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya dan perwakilan pemerintah daerah. -Humas PLN UIP JBTB-

KLATEN, HARIAN DISWAY - PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (UIP JBTB) berencana membangun SUTET (saluran udara tegangan ekstra tinggi) 500 kV Ungaran–Pedan Sirkuit 2 Section 2 (Ampel–Pedan), SUTT (saluran udara tegangan tinggi) 150 kV Pedan–Solo Baru, dan SUTT 150 kV Pedan– Kentungan II/Kalasan.

Proyek strategis nasional (PSN) tersebut akan dilakukan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Karena itu, badan usaha milik negara (BUMN) tersebut melakukan audiensi dengan Wakil Bupati Klaten H Yoga Hardaya, Rabu, 11 Januari 2023.

BACA JUGA:2022, PLN Bangun 13 Infrastruktur

Senior Manager Perizinan, Pertanahan, dan Komunikasi Otong Sugiyono memaparkan tujuan dan latar belakang pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan itu kepada wakil kepala daerah di kabupaten tersebut.

”Proses pembangunannya akan kami lakukan dalam waktu dekat,” kata Otong dalam pertemuan tersebut.

Sementara itu, General Manager PLN UIP JBTB Muhammad Ramadhansyah menambahkan, audiensi dengan Pemkab Klaten itu dinilai sangat penting. Tentu saja, untuk menyamakan pemahaman antara PLN dan pemerintah setempat.

Yakni, pengertian tentang pentingnya pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di daerah tersebut. Sebab, dengan ditambahnya infrastruktur kelistrikan itu secara langsung, akan meningkatkan keandalan kelistrikan di Pulau Jawa.

”Kami sangat berterima kasih atas kesempatan audiensi yang diberikan oleh Wakil Bupati Klaten Bapak Yoga Hardaya. Giat ini sangat diperlukan untuk menciptakan kesepahaman serta memperkuat koordinasi antara PLN dan Pemerintah Kabupaten Klaten,” terangnya.

PLN juga menjelaskan rencana dan pentingnya penambahan pembangunan infrastruktur kelistrikan di Pulau Jawa. Beberapa di antaranya melintasi Kabupaten Klaten. ”Sehingga diperlukan sinergi yang baik antara PLN dan pemerintah setempat dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur kelistrikan,” tambahnya.

Dalam audiensi tersebut, PLN UIP JBTB menyampaikan rencana pembangunan PSN, SUTET 500 kV Ungaran–Pedan Sirkuit 2 Section 2 (Ampel–Pedan), SUTT 150 kV Pedan–Solo Baru, SUTT 150 kV Pedan–Kentungan II/Kalasan.

Ketiganya akan melintasi wilayah Kabupaten Klaten. Dalam penjelasannya, PLN juga memaparkan kebutuhan kelistrikan di Pulau Jawa. Serta, dampak positif yang akan dirasakan masyarakat sekitar terkait pembangunan infrastruktur kelistrikan itu.

Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya mengapresiasi PLN dalam usaha memperkuat keandalan sistem kelistrikan di Klaten. Pemerintah daerah sangat mendukung program pemerintah pusat. Terlebih, program itu menyangkut kepentingan umum.

”Kami mendukung program pemerintah. Kami juga berharap agar sinergi dapat berlangsung dengan baik antara PLN dan Pemerintah Kabupaten Klaten. Pembangunan PSN ketenagalistrikan ini akan berdampak positif bagi masyarakat sekitar,” ucapnya.

Pelaksanaan prosesnya dimulai dari prakonstruksi hingga konstruksi. Wilayah yang terlintasi akan mengikuti sesuai aturan yang berlaku. ”Selanjutnya, komunikasi dapat dilakukan lebih intensif sehingga tercipta sinergisitas yang baik,” tegasnya. (Adv/Michael Fredy Yacob)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: